Articles

Misteri Insiden Pemerkosaan Sum Kuning

SUMARIJEM SUM KUNING

REPUBLIKPOS.COM– Peristiwa pemerkosaan Sum Kuning adalah insiden pemerkosaan yang dialami oleh seorang remaja 18 tahun bernama Sumarijem yang terjadi sekitar tahun 1970-an.


Insiden ini berawal kala Sumarijem sedang menunggu bus ditepi jalan. Saat itu Sumarijem tiba-tiba diseret dan dibius oleh sejumlah pemuda.

Sumarijem yang tidak sadarkan diri dibawa ke sebuah rumah di Klaten. Disana ia diperkosa secara bergiliran sampai tak sadarkan diri.

Peristiwa pemerkosaan ini kemudian dikenal dengan istilah Sum Kuning. Kasus inipun menjadi salah satu kasus yang tetap menjadi misteri di Indonesia, karena hingga sekarang pelaku pemerkosaan tidak pernah mendapatkan peradilan atas tindak pidana yang mereka lakukan.

Parahnya, Sumarijem yang kala itu melaporkan kasus pemerkosaan terhadap dirinya, justru malah dijatuhi hukuman karena dianggap telah memberikan laporan palsu.

Bahkan Jendral Purnawirawan Hoegeng yang kala itu masih menjabat, sengaja dipensiunkan karena berusaha membongkar kasus pemerkosaan yang menimpa Sumarijem.


Dari desas-desus yang beredar saat itu Sumarijem mendapatkan masalah besar atas pelaporannya. Karena diduga para pelaku pemerkosaan adalah anak dari orang-orang yang pemangku jabatan dimasa itu.

SUM KUNING KORAN

Kasus Sumarijem ini menjadi salah satu catatan kelam dunia hukum di Indonesia. Seharusnya hukum yang menjadi dasar Negara Indonesia harus bisa bertindak sesuai dengan fungsinya, bukan hanya sekedar simbol atau pajangan semata.

EDITOR: Wayan Agus Purnomo

BAGIKAN:
alterntif text
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top