News

Faktor Ini Jadi Salah Satu Andalan Promo Pariwisata Danau Limboto

rike sumangkut

JAKARTA- Danau Limboto adalah danau terbesar yang dimiliki oleh Provinsi Gorontalo. Sebagai objek wisata, danau ini dinilai belum optimal pemanfaatannya.

Koordinator Penyelenggara Festival Pesona Danau Limboto, Rike Sumangkut mengatakan bahwa danau sebagian besar wilayahnya terletak di Kabupaten Gorontalo ini sangat sarat dengan nilai sejarah yang menurutnya memiliki potensi daya jual pariwisata yang sangat besar.

“Dari segi story (cerita) sejarah Danau Limboto ini sangat kuat. Tidak semua danau di Indonesia memiliki legenda dengan kisah yang kuat seperti Danau Limboto,” ujar Rike.

Apalagi lanjut Rike, budaya yang ada di masyarakat adat Limboto sangat mendukung sehingga promosi wisata Danau Limboto bisa lebih optimal.

“Jika budaya dan sejarah ini digabungnkan untuk promos wisata, maka nama Danau Limboto sebagai danau bersejarah dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat nasional bahkan internasinal” imbuhnya.

Menurut wanita yang memiliki usaha travel ini, selama ini Danau Limboto lebih banyak dikenal sebagai danau yang kondisinya kritis, dan merupakan tempat migrasi burung. Sementara ada beberapa hal yang seharusnya melekat pada Danau Limboto, seakan terpisah.

“Sebut saja makam Ju Panggola, orang yang datang ke makam itu hanya untuk ziarah, padahal ada kisah sejarah yang sangat erat antara Ju Panggola dengan Danau Limboto. Apalagi makam beliau tepat menghadap Danau Limboto. Kan sayang kalo tidak di optimalkan. Danau Limboto ini kaya lho” jelas Rike.

Saat ini, kata Rike pihaknya sedang mengoptimalkan promosi budaya, sejarah, dan berbagai faktor penunjang terkait Danau Limboto.

“Sedang kami optimalkan, nanti pada penyelenggaraan festival semua akan tampak” pungkasnya.

EDITOR: Pratiwi Lintang

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top