Internasional

Di Lapas Kota Ini Para Napi Memegang Kunci Sel Masing-masing

suasana penjara di belanda yang sepi
suasana disalah satu lembaga pemasyarakatan di belanda yang kini sepi penghuni.

REPUBLIKPOS.COM– Narapidana di lembaga pemasyarakatan kota Dordrecth, Heerhugowaard, Zaandam, dan Arnhem, Belanda diberi kebebasan untuk memegang sendiri kunci sel mereka. Hal ini menurut pihak lapas setempat adalah bagian dari sebuah skema rehabilitasi.

Selain memegang kunci sel sendiri, para narapidana ini bebas keluar masuk sebelum pukul 21.30 setiap harinya.

Pihak pengelola lapas juga menyediakan sebuah layar digital yang bisa digunakan para narapidana untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan membuat janji temu dengan sesama narapidana atau staf lapas.

Kebijakan pemerintah terkait pengelolaan lapas di beberapa kota di Belanda ini menuai kecaman dari para sipir penjara. Menurut mereka hal itu membuat pengawasan terhadap narapidana semakin minim dan tidak adil bagi para korban kejahatan.

Para sipir ini khawatir kebebasan yang terlalu besar akan disalahgunakan para narapidana untuk merencanakan kejahatan lain saat tak berada di dalam sel. Para sipir juga telah mengajukan protes kepada Departemen Kehakiman Belanda terkait kebijakan tersebut.

Belanda saat ini penurunan angka kejahatan yang cukup drastis dan berujung pada menurunnya jumlah narapidana. Saat ini narapidana di Belanda hanya berjumlah sekitar 11.600 orang dan terus mengalami penurunan. Hal ini juga berdampak pada berkurangnya jumlah penghuni penjara, sehingga berakibat pada ditutupnya sejumlah lembaga pemasyarakatan.

Saat ini sejumlah lapas telah dialih fungsikan oleh pemerintah setempat, bahkan ada yang beralih fungsi menjadi objek wisata dan hotel.

Karena selalu kekurangan penghuni, sejumlah lapas beralih fungsi menjadi objek wisata dan hotel.

Karena selalu kekurangan penghuni, sejumlah lapas beralih fungsi menjadi objek wisata dan hotel.

EDITOR: Pratiwi Lintang

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top