Bola

Selamat Ulang Tahun “Zizou”

zainuddin zidane

REPUBLIKPOS– Hari ini, pada 45 tahun silam, di kota Marseille, lahir seorang legenda hidup sepakbola dunia. Dia adalah Zainuddin Zidan yang kelak dikenal dengan nama Zinedine “Zizou” Zidane.

Zidane terlahir dari keluarga keturunan Aljazair. Sejak awal bakat sepakbola Zidane sudah nampak, sehingga dia ditawarkan untuk bergabung dengan akademi sepakbola Cannes.

cidane cannes

Di Cannes jugalah Zidane pertama kali mendapatkan kontrak profesionalnya sebagai pesepakbola. Salah satu prestasi Zidane kala itu adalah ia berhasil membawa Cannes untuk pertama kalinya tembus untuk berkompetisi di Piala UEFA di musim 1991-1992.

Dari Cannes, Zizou kemudian ditransfer ke Bordeaux dimusim 1992-1993. Bersama klub barunya itu, Zidane berhasil meraih juara Piala Intertoto (1995) dan berhasil membawa Bordeaux menjadi runner-up Piala UEFA (1995-1996).

cidane bordaau

Di tahun 1996, Zidane ditransfer ke klub Italia Juventus. Di Juventus, Zidane menjadi salah satu sosok mematikan bagi para lawan. Trio Zidane- Del Piero – Pippo Inzaghi, kala itu sangat ditakuti oleh tim sepakbola manapun di dunia.

Zidane juventus legenda

Bersama Juventus, Zidane berhasil menyabet 2 gelar juara Liga Italia (96-97) dan (97-98), Juara SuperCoppa (1997), Piala UEFA (1996), Piala Interkontinental (1996), Piala Intertoto (1999).

zidane real

Pada tahun 2001, Zinedine Zidane menjadi pemain termahal dunia setelah ditransfer oleh Real Madrid dari Juventus. Kala itu El Real harus menggelontorkan uang sebesar 66 juta Euro untuk dapat memboyong Zidane dari Delle Alpi ke Santiago Barnebeu.

Di tahun pertamanya bersama Real Madrid, Zidane langsung mempersembahkan gelar tertinggi sepakbola eropa atau Piala Champion untuk Real Madrid.

Karir sepakbola Zidane ditingkat klub berakhir di Real Madrid. Usai pensiun sebagai pesepakbola, Zidane sempat masuk dalam jajaran petinggi Real Madrid.

Kini Zidane menjabat sebagai pelatih El Real, klub yang berisikan pemain-pemain besar dunia, seperti Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Alvaro Morata, Gareth Bale, dan masih banyak lagi nama besar lainnya.

zidane woldpuc

Untuk diketahui, karir Zidane bersama timnas Prancis juga tidak kalah mentereng. Dari gelar juara Eropa hingga Trophy Piala Dunia, pernah Ia raih bersama tim berjulukan ayam jantan tersebut.

Selamat ulang tahun Zidane!

EDITOR: Wayan Agus Purnomo

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top