Articles

13 Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Ramadhan

pejuang islam

REPUBLIKPOS - Tidak hanya dikenal sebagai bulan Ibadah umat Islam, tetapi ternyata bulan ramadhan juga terkenal dengan sejumlah peristiwa besar dalam sejarah Islam, termasuk sejarah bangsa Indonesia sendiri.

Berikut 13 peristiwa–peristiwa besar dan bersejarah tersebut:

1. Pembebasan Mekkah (Fathul Makkah)

pembebasan mekkah

Pembebasan Mekkah (Fathu Makkah) merupakan peristiwa yang terjadi pada tahun 630 tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H, dimana Rasulullah SAW beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah. Pasukan muslim kemudian berhasil menguasai Mekkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun, sekaligus menghancurkan berhala yang kala itu ditempatkan oleh kaum kafir Quraisy di dalam dan sekitar Ka’bah.

2. Bulan Diturunkan Al-Quran

alquran diturunkan

Beberapa hari yang ditentukan itu adalah bulan ramadhan. Bulan yang diturunkan di dalamnya (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk untuk manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pemisah antara yang haq dan bathil. Para pakar tafsir dan hadis mencatat, Allah juga menurunkan kitab-kitab dan suhuf yaitu kitab-kitab kecil selain Zabur, Taurat, Injil dan Al Quran kepada para Rasul sebelumnya pada bulan Ramadhan.

3. Peristiwa Perang Badar

perang dibulan ramadhan

Pada hari jumat 2 ramadhan tahun ke-2 hijrah terjadi perang pertama dalam Islam yang dikenal perang badar. Badar adalah nama tempat di sebuah lembah yang terletak di antara Madinah dan Mekkah. Tentara Islam mengontrol lokasi strategis dengan menguasai sumber air yang ada di situ.

Perang ini dimenangkan oleh tentara Islam sebanyak 313 personel yang kala menghadapi lebih dari 1.000 tentara musyrik Mekkah.

Perang ini sangat luar biasa pasalnya saat itu tentara Islam jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding tentara musyrik. Selain itu saat itu tentara Islam juga sedang berpuasa.

Ini menjadi bukti, puasa tidak menyebabkan umat Islam lemah, tetapi sebaliknya.

Allah SWT menegaskan dalam surah aali ‘imran ayat 123 sampai 125.

“Sesungguhnya Allah membantu kamu dalam perang badar, sedangkan pada waktu itu kamu orang yang lemah. Sebab itu bertaqwalah kepada Allah agar kamu mensyukurinya.”

4. Peristiwa Perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Tabuk

andalusia

Ilustrasi

Ketika kabar mengenai Nabi Muhammad SAW tersebar hingga ke pelosok Semenanjung Arab, hal ini menjadi ancaman bagi bangsa Roma yang kala itu dikenal sebagai kekaisaran dengan armada perang terbesar.

Herakles, Gubernur Roma Timur (Bizantiun) memutuskan untuk memblokir pengaruh umat Islam di wilayah utara tanah arab.

Kabar itupun samapai ke telinga Nabi SAW. Beliau kemudian mengarahkan umat Islam berkumpul untuk berperang melawan armada perang Roma. Umat Islam pada masa itu sedang dalam ujian berat, waktu itu tanah arab dilanda panas dan kesusahan. Namun, mereka tetap taat kepada perintah Nabi SAW.

Bersama 30.000 pasukan, Nabi SAW berangkat ke Tabuk, sebelah utara Madinah.

Setibanya di Tabuk, tentara Roma tidak lagi berada di situ. Pasukan Herakles ternyata tekah menarik diri saat mendengar kabar pasukan Muslim akan menyerang.

5. Islam Sampai ke Yaman

ali bin abi thalib

pada bulan ramadhan tahun ke-10 Hijriah, Nabi SAW mengutus Ali bin Abi Thalib ke Yaman, dan dalam periode satu hari, penduduk Yaman khususnya suku Hamdan seluruhnya memeluk agama Islam. Peristiwa terjadi secara damai dan aman.

6. Khalid bin Walid Meruntuhkan Berhala Al ‘uzza

khalid bin walid

Setelah umat Islam membebaskan Kota Mekkah, Nabi SAW menyucikan kota itu dengan dengan memusnahkan 360 patung di sekeliling Ka’bah.

Lima hari sebelum berakhirnya bulan Ramadhan tahun ke-9 Hijriah, Nabi SAW mengirim Khalid bin Walid untuk memusnahkan patung al ‘Uzza di Nakhla.

Menurut kepercayaan arab jahiliyah, al ‘Uzza adalah patung dewi terbesar di situ. Ia sering disebut oleh masyarakat arab saat melafalkan sumpah.

7. Penyerahan Kota Taif

kota thaif

Kota Taif memiliki sejarah tersendiri dalam perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah. Di sana Nabi SAW pernah diusir oleh kaum Bani Thaqif (penduduk Taif).

Setelah Umat Islam berhasil membebaskan kota Mekkah, kaum Bani Thaqif bersikeras tidak mau tunduk kepada Nabi SAW. Nabi dan bala tentara Islam kemudian mengepung Kota Taif dalam waktu lama. Setelah sekian lama dikepung, akhirnya kaum Bani Thaqif menyerah tepat di bulan ramadhan tahun ke-9 hijriah dengan menyerahkan kota Taif. Saat itu juga Patung Al Laata yang dipuja oleh kaum Bani Thaqif dimusnahkan.

8. Penaklukan Andalusia (Spanyol)

hittin

Andalus adalah nama Arab yang diberikan kepada wilayah-wilayah bagian semenanjung iberia. Mulai tahun 711 sampai 1492 Masehi Islam menguasai kawasan tersebut. Pada 28 ramadhan tahun ke-92 hijrah, panglima tentara Islam bernama Tariq bin Ziyad dari Bani Umayyah untuk menaklukkan Andalusia.

Pasukan muslim dibawah kepemimpinan Tariq bin Ziyad menyeberangi laut yang memisahkan Afrika dan Eropa. Setibanya di Andalusia, Tariq membakar kapal-kapal tersebut sebagai tanda tidak ada kata mundur.

Islam menguasai Andalusia selama delapan abad dan berhasil mewariskan peradaban yang tinggi kepada dunia barat.

9. Peperangan Zallaqah di Portugal

2017-06-04_010202

Peristiwa ini terjadi usai subuh di hari Jumat, bulan Ramadhan tahun 459 Hijriah. Saat, terjadi peristiwa bangkitnya dinasti Murabit di afrika utara. Gubernur Cordova, Al Muktamin meminta bantuan sultan Dinasti Murabit, Yusuf bin Tasyifin untuk memerangi Alfonso VI, Kaisar Hispania. Tentara Kristen yang jumlahnya mencapai 80.000 personel dibawah kepemimpinan Alfonso VI berhasil ditaklukkan. Dalam waktu yang singkat Sultan Yusuf berhasil menguasai seluruh Spanyol.

10. Tentara Islam Mengalahkan Tentara Mongol

ain jalut

Ilustrasi

Pada tahun 126 sampai 1405 Masehi, Kaum Mongol mengusai hampir seluruh wilayah Asia. Pada tahun 1258, tentara mongol dibawah pimpinan Jenderal Hulagu Khan menyerang Kota Baghdad yang menjadi pusat dari Dinasti Abbasiah. Dalam serangan itu, banyak Umat Islam terbunuh dan banyak buku karangan sarjana Islam dibuang ke dalam Sungai Eufrat dan Dajlah sehingga airnya menjadi hitam karena tinta.

Pada 15 Ramadhan 658 Hijriah bersamaan 1260 Masehi, tentara Islam bangkit dan melakukan serangan balasan. Tentara Islam dan para ulama pimpinan Sultan Qutuz dari Dinasti Mamluk, Mesir menyerrang Palestina yang saat itu dikuasai Mongol.

Perang kemudian terjadi di ‘Ain Jalut. Dalam pertempuran itu, tentara Islam meraih kemenangan dan berhasil menawan Kitbuqa Noyen, dan Hulagu Khan. Si panglima Mongol itu kemudian dihukum Qishas oleh kaum Muslim.

11. Peperangan Yakhliz

warrior

Pada 15 ramadhan 1294 hijrah, tentara Islam Dinasti Utsmaniah yang dipimpin oleh Ahmad Mukhtar Basya dengan jumlah 34,000 anggota mengalahkan tentara Rusia yang berjumlah 740,000. Sebanyak 10.000 tentara Rusia tewas dalam pertempuran itu. Ia menjadi kebanggaan umat Islam yang kala itu dibawah ancaman Kekaisara Tzar di Rusia.

12. Penaklukan Benteng Bar-Lev, Israel

Bar-lev

Dalam sejarah modern, pada 10 ramadhan 1390 hijrah bersamaan 6 oktober sampai 22 atau 24 oktober 1973 Masehi, terjadi Perang Yom Kippur yang melibatkan tentara Islam mesir dan syria dengan tentara Yahudi Israel . Perang Yom Kippur, juga dikenal sebagai perang Arab-Israel 1973, perang oktober, dan perang Ramadhan.

Ia adalah bagian dari konflik Arab-israel sejak dari tahun 1948. Pada bulan juni 1967, terjadi perang enam hari antara Israel dengan Mesir, Syria dan Yordania. Dalam pertempuran itu, Israel berhasil menduduki bukit Golan, Syria di utara dan semenanjung Sinai, Mesir di selatan hingga ke terusan Suez. Setelah itu, israel membangun barisan pertahanan di Sinai dan bukit Golan.

Pada tahun 1971, israel mengalokasikan 500 juta dolar amerika untuk membangun benteng dan benteng raksasa yang dinamai garis Bar-Lev sesuai dengan nama Jenderal Israel, Haim Bar-Lev.

Israel bermegah dengan kubu Bar-Lev yang didakwa ‘tidak dapat ditawan’ karena memiliki kekebalan dan teknologi peralatan yang canggih. Namun, tentara Islam berhasil merebut benteng itu sekaligus mengalahkan Israel.

13. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

2017-06-04_010811

Di Negara kita sendiri, hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 agustus 1945 saat itu bertepatan dengan bulan Ramadhan. Hal ini menjadi bukti bahwa bulan Ramadhan sangat berpengaruh dalam perjuanga umat Islam dalam meraih kemenangan.

Editor: Muhammad Abu Faiz

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top