Nasional

Pemerintah Resmi Bubarkan Hizbut Tahrir Indonesia

2017-05-08_193811

Jakarta– Melalui Menteri Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Pemerintah RI resmi mengeluarkan sanksi tegas bagi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Senin (8/5).

Organisasi masyarakat (Ormas) Islam yang sudah puluhan tahun ada di Indonesia ini resmi dibubarkan. Menurut pemerintah HTI terindikasi kuat telah bertentangan dengan tujuan, azas, dan ciri Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dikutip dari laman resmi HTI, Juru Bicara HTI, Ismail Yusanto menegaskan pihaknya menolak tuduhan berbuat makar. Ia juga membantah soal ide ormas yang mengusulkan khilafah yang kerap dituduh bersebrangan dengan dasar negara. Dia mengatakan, sebagai ormas legal berbadan hukum perkumpulan (BHP), kegiatan HTI untuk berdakwah.

’’Semua yang disampaikan oleh HTI tak lain adalah ajaran Islam. Bagaimana bisa, kegiatan dakwah disebut makar? Ini jelas retorika basi ala Orde Baru yang dulu acap dipakai untuk menghambat dakwah,’’ tuturnya.

Sementara itu Wiranto melalui keterangannya mengatakan, keputusan pembubaran HTI yang berbadan hukum itu bukan berarti pemerintah anti terhadap ormas Islam. Namun semata-mata dalam rangka merawat dan menjaga keutuhan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Editor: Moh. Abu Faiz

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top