Daerah

Dinas Koperasi UKM Kab. Gorontalo Canangkan Program Konseling Mobile

pelatihan koperasi kabupaten gorontalo

LIMBOTO– Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gorontalo kembali menggelar pelatihan pengelolaan akuntansi berbasis komputer tingkat Kabupaten Gorontalo untuk gelombang ke 2. Menariknya dalam kegiatan yang dilaksanakan di gedung Omar itu dinas Koperasi UKM me-launching Pro-Living atau konseling koperasi mobile yang merupakan program pembinaan koperasi dengan memberikan jasa konseling keliling kepada koperasi-koperasi yang mengalami permasalahan .

“dimana kita ketahui persis bahwa banyak koperasi di Kabupaten Gorontalo, tidak ada lagi keinginan melaksanakan RAT sebagai kewajiban suatu koperasi. Itu dikarenakan ketidak pahaman mereka pentingnya RAT itu. Makanya dengan pendekatan Pro-Living ini kami akan langsung menuju lokasi koperasi masing-masing untuk mengetahui apa saja penyebab tidak melakukan RAT,” Ungkap Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Gorontalo, Selmin Papeo Kamis (18/5).

Selmin menjelaskan sebagian koperasi di Kabupaten Gorontalo tidak lagi melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT)dan hal itu disebabkan oleh manejemen yang sebagian pengurusnya menganggap sepele soal RAT.

“Sesui undang-undang perkoperasian, RAT merupakan kewajiban dalam suatu koperasi. Makanya kecenderungan tidak melaksanakan rapat anggota tahunan adalah sebuah kesalahan yang kami usaha minimalisir,” sambungnya.

Sementara itu kepala seksi sarana dan usaha koperasi dinas koperasi UKM kabupaten gorontalo Fitriaty Puhi menjelaskan, konseling mobile adalah langkah untuk menyikapi ketidak patuhan suatu koperasi dalam melaksanakan aturan khususnya RAT.

“kita memikirkan satu solusi pendekatan bersifat adaptif untuk bisa menyentuh para pengurus para anggota dan pengawas agar bisa melaksanakan kewajiban perkoperasian,”ucap Fitriaty.

Pro-Living sendiri merupakan program yang diambil Fitriaty dalam keikutsertaanya pada diklat PIM 4.

EDITOR: Pratiwi Lintang

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top