Daerah

Dianugerahi Gelar Adat, Ini Sebutan Gelar Adat Untuk Indra Yasin Nanti

sasana Musyawarah Dewan Adat se-Provinsi Gorontalo dalam menentukan Penganugerahan Gelar Adat Pulanga Kepada Bupati Gorontalo Utara DR
Suasana Musyawarah untuk penganugerahan gelar adat untuk Bupati Indra Yasin

KWANDANG– Bertempat di aula pendopo rumah jabatan Bupati Gorontalo Utara, Jumat (19/5/2017) berlangsung Musyawarah Adat terkait penganugerahan gelar adat (pulanga) Kepada Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin.

Musyawarah adat ini dihadiri oleh seluruh pemangku adat di 5 Wilayah adat Gorontalo, para tokoh adat, tokoh agama, pimpinan OPD Kabupaten Gorontalo Utara, dan seluruh Camat di Gorontalo Utara.

Musyawarah Adat untuk penganugerahan gelar adat untuk Bupati Indra Yasin ini dipimpin oleh Hi. Karim pateda selaku Ketua Dewan Adat Provinsi Gorontalo. Musyawarah adat ini sudah berada pada tahap akhir, yaitu tahap penentuan gelar adat kepada Bupati Indra Yasin sebagai pemimpin yang dihormati di wilayah Gorontalo.

Sementara itu Asisten II Gorontalo Utara, Thamrin Yusuf yang bertindak sebagai wakil pemerintah daerah Gorontalo Utara sekaligus mewakili pihak keluarga Bupati Indra Yasin menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh unsur dewan adat, pelaksana pemangku adat dan seluruh masyarakat adat Gorontalo atas penganugerahan gelar adat untuk Bupati Indra Yasin.

“Terima kasih pada unsur dewan adat, para pemangku adat, tokoh agama, khususnya masyarakat adat Gorontalo atas anugerah adat yang akan diberikan kepada Bupati kami. Musyawarah adat ini sudah masuk pada proses akhir dimana proses ini adalah proses penentuan gelar Pulanga apa yang akan disematkan ke Bapak Bupati (Indra Yasin)” ungkap Thamrin Yusuf.

Setelah melalui proses musyawarah yang cukup panjang, akhirnya dewan adat dan para pemangku adat menemukan kesepakatan, bahwa Bupati Indra Yasin akan diberikan gelar adat “Tauwa Lo Madala” yang bermakna Negeri yang indah, dimana pemimpinnya adalah penguasa yang bukan hanya mencari kenikmatan dunia sesaat, dan seluruh pemikirannya adalah bagaimana menjanjikan negeri ini dapat memberikan kesejukan hidup.

“Gelar (Pulanga) ini disematkan kepada Bapak Bupati (Indra Yasin) karena menurut para dewan adat dan para pemangku adat bahwa sosok Bapak Bupati (Indra Yasin) sangat cocok dengan nama (gelar adat) tersebut. Karena selama ini menurut mereka (Dewan Adat) Bapak Bupati dalam memimpin daerah (Gorontalo Utara) dinilai selalu mencurahkan segala pemikiran maupun tenaga untuk kepentingan semua masyarakat Gorontalo Utara” pungkas Thamrin Yusuf.

Penganugerahan Gelar adat Pulanga kepada Bupati Indra Yasin akan digelar pada tanggal 23 Mei 2017 mendatang.

Editor: Pratiwi Lintang

==BAGIKAN==
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top