Daerah

September, Karawo Tampil di New York Fashion Week

Pagelaran Karawo
Berbagai Model Baju Karawo (foto:istimewa)

GORONTALO– Setelah ikut dalam Indonesia Fashion Week di Jakarta bulan Februari kemarin, baju khas gorontalo, sulaman karawo dikabarkan akan kembali mengikuti ajang mode terbesar internasional di New York Fashion Week, Amerika, pada September mendatang.

Hal ini terungkap dalam kegiatan penandatanganan kerjasama UMKM unggulan Provinsi Gorontalo antara Bank Indonesia Cabang Gorontalo, Pemerintah Provinsi Gorontalo dan beberapa perbankan di Gorontalo.

Penandatanganan kerjasama UMKM unggulan antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan Bank Indonesia Gorontalo.

Penandatanganan kerjasama UMKM unggulan antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan Bank Indonesia Gorontalo.

Kepala Bank Indonesia cabang Gorontalo, Suryono, saat ditemui usai kegiatan penandatanganan kerjasama tersebut mengungkapkan bahwa karawo memiliki potensi besar untuk bersaing dengan produk nasional maupun internasional, dan ini terbukti dengan keikutsertaan Gorontalo dalam gelaran fashion termegah di negara Paman Sam.

“Gorontalo adalah salah satu dari 3 daerah di Indonesia yang proposalnya disetujui oleh pihak panitia Newyork Fashion Week yang akan ikut gelaran mode termegah di Amerika Serikat pada September mendatang,” ucap Suryono.

Suryono juga mengungkapkan, untuk meningkatkan dan mendorong kompotensi para pengrajin karawo dibutuhkan kerjasama yang baik dari semua pihak, baik Pemrov Gorontalo maupun pihak perbankan.

“Kemampuan masyarakat pengrajin karawo untuk mengakses pasar masih kurang. Berdasarkan angka statistik maupun fakta realitas masyarakat belum maksimal, bagaimana menembus pasar, baik pasar nasional dan internasional sehingga perlu dukungan besar dari Pemprov, BI dan seluruh unsur perbankan.” lanjutnya.

Suryono mengatakan, saat ini sudah ada 5 kelompok UMKM pengrajin karawo unggulan binaan Bank Indonesia yang telah diberikan pelatihan maupun permodalan yakni kelompok Seruni, Sumber Usaha, Nirwana, Serasi dan Rumah karawo. Kedepan dirinya berharap akan banyak UMKM di Gorontalo yang berprestasi dan mampu berbicara ditingkat nasional maupun internasional.

Editor: Pratiwi Lintang

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top