Kesehatan

Segudang Manfaat Petai Untuk Tubuh Anda

Petai Lengkap
Petai atau Parkia speciosa memiliki banyak manfaat bagi metabolisme tubuh

REPUBLIKPOS– Petai atau biasa disebut orang pete, merupakan salah satu jenis pohon kelompok polong-polongan dan tumbuh pada wilayah yang beriklim tropis.

Di Indonesia, pohon dengan nama latin Parkia speciosa ini banyak tumbuh di wilayah kepulauan bagian barat. Dan tentu saja banyak orang tahu tentang biji ini, karena biasanya dimanfaatkan sebagai bahan masakan ataupun dimakan lansung sebagai lalapan.

Aroma biji petai hampir menyerupai jengkol dan biasanya dijadikan bahan campuran pembuatan makanan seperti sambal dan menu masakan yang lainnya. Dan anda bisa dengan mudah mendapatkannya di pasar-pasar tradisional maupun di supermarket yang menggunakan pengemasan modern.

Oleh para peneliti petai merupakan biji-bijian yang kaya antioksidan. Zat aktif oksidannya mampu melumpuhkan aktivitas radikal bebas superoksida hingga lebih dari 70 persen. Banyak ahli yang berharap ada yang tertarik mengekstrak zat aktif petai untuk biang antioksidan pelawan efek penuaan.

Dalam biji petai ditemukan adanya asam amino triptofan, yang di dalam tubuh akan berubah menjadi hormone serotonin. Senyawa inilah yang membuat kita merasa rileks, nyaman serta memperbaiki mood menjadi lebih baik. Karena kaya kalium, petai juga bagus bagi pengidap tekanan darah tinggi. Secara tradisional, petai muda mentah sering pula dilalap sebagai “obat” radang ginjal (nefritis), diabetes dan peluruh cacing perut (antelmintik).

Kandungan zat tryptophan yang terkandung dalam petai sangat ampuh dalam meredakan depresi, sehingga kamu menjadi lebih rileks dan bahagia. Petai juga berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah anemia.

Biji Petai adalah salah satu bahan favorit yang kerap dicampur dalam menu masakan di Indonesia.

Biji Petai adalah salah satu bahan favorit yang kerap dicampur dalam menu masakan di Indonesia.

Berikut daftar manfaat petai seperti yang dirilis dalam The New England Journal of Medicine :

1. Menurunkan stroke
Dengan rutin mengkonsumsi petai, risiko kematian yang diakibatkan oleh stroke dapat dikendalikan.

2. Mencegah stres
Kandungan kalium dalam petai yang merupakan mineral mutlak dapat mengontrol detak jantung, mengontrol keseimbangan cairan di dalam tubuh dan mengirim kadar oksigen ke otak. Sehingga risiko terjadinya stres dapat dihindari karena kalium di dalam tubuh dapat tercukupi meskipun metabolisme tubuh meningkat.

3. Menjadikan awet muda
Kandungan protein yang ada di dalam petai dapat meregenerasi kulit. Sehingga menjadikan kulit tampak lebih awet muda.

4. Membantu mereka yang ingin berhenti merokok
Kandungan kalium, magnesium, vitamin B6 dan vitamin B12 di dalam petai dapat memulihkan tubuh dari nikotin.

5. Mengobati penyakit SAD (Seasonal Affective Disoder)
Kandungan tryptophan yang ada di dalam petai dapat mengobati penderita penyakit SAD atau penyakit emosional yang kacau dengan mendorong mood secara alami.

6. Menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi di lambung
Petai memiliki tekstur biji yang lembut dan halus serta kandungan serat yang tinggi, sehingga baik untuk proses pencernaan makanan.

7. Mencegah kegemukan
Mengkonsumsi petai dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sehingga tubuh akan terhindar dari kegemukan.

8. Mencegah anemia
Kandungan zat besinya cukup tinggi. Hal ini sangat membantu dalam proses produksi sel darah merah, sekaligut mengurangi dan mencegah risiko terjadinya anemia.

9. Mengurangi PMS (pre menstrual syndrome)
Kaya dengan kandungan vitamin B6. Ini sangat membantu mengurangi bad mood, terutama bagi kaum wanita saat tiba datang bulan.

10. Mencegah terjadinya depresi
Kaya akan kandungan tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

11. Meningkatkan kinerja otak
Mengandung kalium yang dapat membantu mempercepat kinerja otak, sehingga lebih waspada. Selain itu, kandungan potasium pada petai juga bisa membuat otak bekerja lebih baik.

12. Mengurangi tekanan darah tinggi
Kandungan kalium yang tinggi dapat mengurangi efek tekanan darah tinggi dan menurunkan resikot terkena stroke.

13. Mengatasi sembelit
Memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga mempermudah menormalkan kembali proses pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laksativ.

14. Mengatur suhu tubuh
Banyak budaya lain yang melihat pete sebagai buah “dingin” yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya, ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

15. Obat mabuk
Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan “penyakit” mabuk adalah milkshake pete, yang dimaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh, sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.

16. Membantu mengatasi rasa kekenyangan
Pete memiliki efek antasid pada tubuh, sehingga bila dada anda terasa panas akibat kebanyakan makan, cobalah makan pete untuk mengurangi sakitnya.

17. Membantu meredakan rasa mual di pagi hari
Makan pete diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.

18. Meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk
Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk , coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.

19. Meredakan ketegangan saraf
Pete mengandung vitamin V dalam jumlah besar, sehingga akan membantu menenangkan sistem saraf.

20. Obat Hati dan Ginjal
Seperti yang kita ketahui bersama radikal bebas sangat mudah di temui di Produk makanan, terutama pada makanan yang di Goreng atau di Panggang. Hidrogen peroksida, superoksida anion, dan hidroksil, merupakan contoh radikal bebas. Molekul sangat tidak stabil, sangat reaktif, dan kerusakan jaringan. Radikal bebas akan menjadi tidak berdaya ketika berhadapan dengan antioksidan.

22. Mengurangi rasa kelelahan
Karena petai mengandung 3 jenis gula seperti yang telah disebutkan diatas, maka ia juga dapat membantu mengatasi rasa kelelahan ketika kita sedang beraktifitas fisik.

23. Mengatasi sakit maag
Pete juga dapat digunakan sebagai makanan untuk penderita gangguan lambung karena bersifat lembut. Petai adalah satu-satunya buah yang boleh dimakan mentah oleh penderita maag kronis. Buah ini mampu menetralkan kelebihan asam, dan akan mengurangi iritasi dengan memberi lapisan dinding lambung.

24. Mengatasi sakit cacingan
Mungkin karena kandungan belerang dan tanin didalam petai, sehingga buah ini merupakan makanan yang efektif untuk mengatasi masalah cacingan. Cacing perut seperti cacing kremi dll akan mati atau segera keluar dari perut kita.

25. Menambah nafsu makan
Jika Anda mengalami penurunan nafsu makan, maka petai mungkin dapat membantu Anda. Banyak orang telah membuktikan, jika selera makan mereka meningkat jika makan bersama pete dalam banyak cara.

Demikian beberapa manfaat serta khasiat petai untuk kebaikan dan kesehatan tubuh. Untuk dapat memperoleh berbagai manfaatnya, jadikanlah biji pete’ sebagai menu masakan anda.

Editor: Pratiwi Lintang

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top