Articles

Ini Manfaat Ganja untuk Tubuh

Ganja Men

JAKARTA– Sesuai dengan undang-undang 35 tahun 2009 tentang Narkotika memasukkan ganja dalam jenis obat terlarang golongan satu. Konsumen, pengedar, dan produsen ganja diancam hukuman maksimal 12 tahun penjara. Padahal banyak sekali manfaat yang dapat diambil dari ganja, dibandingkan efek negatif yang ditimbulkannya. Komunitas Lingkar Ganja Nusantara menyerukan legalisasi ganja. Menurut Komunitas ini, ganja dinilai memiliki banyak manfaat asal digunakan secara tidak berlebihan.

Ganja yang nama latinnya cannabis sativa ini adalah tumbuhan penghasil serat. Pada biji ganja mengandung tetrahidrokanabinol (THC) yang menimbulkan efek euforia atau rasa senang berkepanjangan. Di sejumlah negara seperti Jerman, Argentina, Ekuador dan Meksiko telah melegalkan kepemilikan ganja dan menanam ganja. Bahkan ada jenis tanaman ganja yang kini dibudidayakan disejumlah negara memiliki kandungan narkotika yang sangat rendah.

Seluruh bagian tanaman ganja termasuk akar bisa digunakan sebagai ramuan obat. Senyawa canabinoid dalam ganja memiliki nilai potensi terapi untuk menghilangkan rasa sakit, kontrol mual, serta menambah nafsu makan. Jangan heran jika tanaman ini pernah sering digunakan oleh masyarakat Aceh untuk bahan makanan.

Jika dibandingkan dengan biji kedelai, biji ganja relatif lebih ramah pada tubuh. Kandungan oligosaccharide dalam kedelai dapat menyebabkan munculnya gas dan gangguan pencernaan. Sedangkan biji ganja tidak menimbulkan efek tersebut.

Pada biji ganja terdapat lebih dari 22 persen protein yang mudah diserap tubuh. Kandungan globulinnya tergolong tinggi. Edestin yang terdapat dalam globulin membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Arginin dan histidin dalam biji ganja juga berguna pada masa perkembangan anak.

Selain itu, biji ganja juga kaya serat. Sepuluh persen termasuk serat larut yang bermanfaat menjaga kadar gula dalam darah dan menurunkan kolesterol. Sedangkan sembilan puluh persen sisanya, serat tidak larut yang dapat mencegah sembelit.

Kandungan asam lemak esensial dalam biji ganja tergolong tinggi. Asam lemak esensial dipercaya dapat menurunkan berat badan, sangat membantu bagi mereka yang ingin diet.

Di Amerika Serikat, terdapat jenis tanaman ganja dengan kadar THC rendah yang disebut hemp. Ganja jenis ini dapat diolah menjadi susu. Biji hemp digiling lalu dicampur air dan rupanya mirip dengan susu kedelai.

Salah satu ahli nutrisi ternama Samantha Heller menyatakan bahwa susu hemp adalah sumber gizi sempurna, karena mengandung asam lemak Omega 3 yang bermanfaat bagi jantung dan otak. Selain Omega 3, hemp juga mengandung Omega 6 dan jenis asam amino esensial lainnya. Asam amino membentuk protein dalam tubuh dan merupakan kunci perbaikan jaringan tubuh.

Susu ganja mulai dipasarkan di Amerika Serikat tahun 2007. (foto:istimewa)

Susu ganja mulai dipasarkan di Amerika Serikat tahun 2007. (foto:istimewa)

Susu hemp atau ganja mulai dipasarkan di Amerika Serikat tahun 2007. Karena adanya larangan menanam ganja di Amerika, produsen mengimpor biji hemp dari para petani di Kanada. (*/)

Editor: Pratiwi Lintang

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top