Khazanah

Keutamaan Wanita dalam Islam

keutamaan wanita dalam islam
dalam islam wanita memiliki tempat yang sangat mulia (foto:istimewa)

REPUBLIKPOS – Apa jadinya jika dunia tanpa kaum wanita? Allah telah menciptakan pasangan yang sempurna untuk manusia pertama yaitu Adam AS. Pasangan yang diciptakan dari tulang rusuknya yang kelak akan menemani kehidupan Adam baik di dalam surga maupun ketika mereka terlempar ke dunia. Dengan adanya wanita, manusia bisa memiliki keturunan dan hingga kini telah menyebar disegala penjuri bumi.

Kehadiran Islam sebagai agama pelengkap dari agama yang diturunkan Allah sebelumnya, telah mengubah harkat dan derajat wanita. Jika sebelumnya pada zaman jahiliyah kaum wanita itu sangat tidak ada harganya, bahkan untuk memiliki seorang anak wanita merupakan sebuah aib bagi keluarga. Namun, dengan hadirnya Islam diri seorang wanita sungguh sangat dijaga.

Namun sayangnya dengan semakin berkembangnya zaman, kaum wanita mulai melupakan keutamaan dari dirinya. Apa saja keutamaan dari kaum wanita dalam pandangan Islam ? Berikut ini adalah beberapa hal keutamaan wanita dalam pandangan Islam.

– Wanita dalam Islam diibaratkan harta yang sangat berharga. Oleh karena itu diri seorang wanita haruslah dijaga dengan sebaik-baiknya. Di-ibaratkan jika wanita itu adalah sebuah benda, maka hendaklan ia disimpan dalam tempat yang paling aman dan paling baik. Islam mewajibkan wanita untuk mengulurkan jilbabnya hingga dada dan menutup semua auratnya. Hal tersebut menandakan bahwa Islam sangatlah menghargai dan menjaga kehormatan kaum wanita.

– Dalam Islam ada kententuan bahwa seorang wanita haruslah taat pada suaminya. Bahkan harus lebih memilih patuh pada suami dibanding kepada orang tuanya (dalam hal yang baik). Namun bagi kaum laki-laki maupun perempuan bahwa wajib jika taat kepada ibu kita, bahkan ketaatan kita terhadap ibu kita itu harus tiga kali melebihi ketaatan kita kepada bapak kita.

– Dalam Islam, kaum wanita menerima warisan yang lebih sedikit daripada kaum pria. Namun harta yang dia terima tersebut benar-benar menjadi hak bagi dirinya sendiri dan tidak ada keharusan untuk diberikan kepada suami. Sedangkan jika suami mendapatkan warisan, maka ia wajib menggunakan harta tersebut untuk menghidupi anak dan istrinya.

– Seorang wanita memiliki kelebihan yaitu dimana mereka akan mengalami kehamilan dan bersusah payah untuk menjalaninya. Selain itu Allah juga memberikan pahala yang amat besar bagi perjuangan tersebut. Bahkan Allah memberikan ganjaran syahid pada wanita yang meninggal saat melahirkan.

– Setiap kaum pria yang beristri di akhirat nanti akan dimintai pertanggung jawabannya atas istrinya, ibunya, anak perempuan dan laki-lakinya. Dengan kata lain, seorang wanita itu ditanggung oleh bapak, suami dan anak laki-lakinya.

– Seorang wanita diperbolehkan untuk memasuki pintu syurga melalui pintu yang mana saja yang disukainya. Wanita tersebut cukup memenuhi 4 syarat yaitu: shalat 5 waktu, puasa di bulan Ramadhan, taat pada suami dan menjaga kehormatannya.

Nah, itulah keutamaan kaum wanita dalam Islam. Jauh lebih berharga dan terhormat, sungguh Allah sangat sayang pada makhluk bernama wanita. Bersyukurlah bagi anda yang terlahir sebagai seorang wanita. (*/)

Editor: Muhammad Abu Faiz

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top