Nasional

Enam Fraksi DPR RI Dukung Hak Angket Terhadap KPK

Kantor-KPK

JAKARTA– Komisi III DPR RI mewacanakan pengguliran hak angket DPR terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pengguliran hak angket ini terkait dengan permintaan Komisi III untuk membuka rekaman pemeriksaan tersangka kasus E-KTP yang juga mantan anggota Komisi II DPR, Miryam S Haryani. Keinginan Komisi III untuk membuka rekaman pemeriksaan tersebut karna yang bersangkutan mengaku mendapat tekanan dari sejumlah anggota Komisi III.

“Setiap kesaksian pasti direkam. Apakah pernyataan Miryam yang menyebut nama kami terekam? Kalau ada kami minta. Karena ini juga jadi bahan kami untuk melakukan tindakan hukum bagi yang menyebut nama kami. Tapi kalau tidak ada dalam rekaman, maka ini bisa dikatakan mengada-ada,” ungkap Ketua Komisi III Bambang Soesatyo dalam rapat kerja Komisi III dengan KPK, Senayan Jakarta, Selasa (18/4).

Komisi III DRP RI wacanakan hak angket terhadap KPK. (foto:humas)

Komisi III DRP RI wacanakan hak angket terhadap KPK. (foto:humas)

Sementara itu Wakil Ketua KPK, Laode M Syarief menolak membuka rekaman kesaksian Miryam. Setelah berkonsultasi dengan Jaksa KPK, keterangan dalam dakwaan persidangan disebutkan telah dibuktikan melalui pernyataan lebih dari satu saksi. Kebenaran itu menurutnya dapat diuji di persidangan.

Menanggapi penolakan KPK tersebut, anggota Komisi III DPR, Arsul Sani menilai kurang bisa diterima. Pasalnya bagian yang diminta Komisi III untuk dibuka itu hanya berkaitan kesaksian penyidik KPK, Novel Baswedan di sidang. Sehingga alasaan bahwa bagian tersebut “rahasia” menurut Arsul tidak tepat.

Wacana terkait hak angket dalam rapat Komisi III DPR dengan KPK, mendapat dukungan dari enam fraksi. Ke enam fraksi yang mendukung hak angket ini adalah Golkar, Gerindra, Demokrat, PDIP, NasDem, dan PPP. Sementara Hanura, PAN, dan PKS masih akan berkonsultasi ke pimpinan fraksi masing-masing.

Editor: Muhammad Abu Faiz

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top