Kesehatan

Cara Mengatasi Rasa Gelisah Yang Berlebihan

resah dan gelisah

REPUBLIKPOS- Setiap orang pasti pernah mengalami kecemasan dan gelisah, dan beberapa dari mereka mencoba untuk mengatasinya agar tidak larut dalam perasaan gelisah atau cemas. Karena apabila kita sampai larut dalam rasa gelisah dan cemas maka akan memicu apa yang disebut dengan depresi. Sebenarnya menghilangkan rasa gelisah yang berlebihan tidaklah sulit. Ada beberapa tips yang berguna untuk menghilangkan kegelisahan berlebihan.

1. Alihkan Pikiran Anda

Ketika anda sedang merasa gelisah ketika menghadapi suatu masalah, sebaiknya alihkan pikiran anda kepada hal-hal yang menyenangkan. Cara ini berguna dan membantu untuk mengabaikan anda dari perasaan gelisah yang berlebihan.

2. Mengulang Penyebab Kegelisahan

Salah satu faktor yang penyebab perasaan gelisah yang berlebihan adalah phobia (takut), namun jangan biarkan perasaan takut terus menguasai diri sendiri. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan mengulang-ulang penyebab kegelisahan. Hal ini akan merespon otak sehingga dapat membantu agar rasa takut hilang secara alami.


3. Mencari Jalan Keluar

Rasa khawatir dan gelisah biasanya muncul bila kita ada masalah. Cobalah untuk lebih tenang, rileks dan mulailah mencari jalan keluar dari masalah yang anda hadapi.

4. Meditasi

Cobalah untuk melakukan meditasi dengan duduk dan menarik nafas dalam-dalam. Kemudian, hembuskan nafas secara perlahan sambil memusatkan pikiran pada masalah yang dihadapi. Hal tersebut berguna membuat pikiran menjadi tenang dan fokus sehingga mudah untuk mencari solusi.

Kegelisahan yang berlebihan juga akan berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang. Selain akan berujung pada depresi (tertekan), kegelisahan yang berlebihan juga biasanya akan membuat seseorang gampang terserang kepanikan. Oleh karena itu, cobalah untuk menghilangkan rasa gelisah yang berlebihan dengan cara yang sudah dijelaskan diatas.

Editor: Pratiwi Lintang

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top