Articles

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Jantung

Kopi dan Kesehatan jantung
jika dikonsumsi sesuai takaran, maka kopi akan berdampak positif bagi kesehatan jantung anda. (foto:istimewa)

REPUBLIKPOS– Kopi adalah minuman yang nikmat jika diminum pada pagi hari atau pada saat santai bersama teman ataupun keluarga. Menurutku kopi adalah minuman yang cocok jika diminum bersama dengan kue kesukaan, maka tidak heran jika banyak kedai kopi yang juga menyediakan berbagai menu kue. Penikmat kopi pasti akan merasa ketagihan untuk meminumnya setiap hari tetapi kamu harus ingat takaran yang seimbang yaitu cukup 2-3 cangkir kopi sehari.

Jika meminum kopi secara berlebihan akan mengakibatkan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh kamu. Tetapi sebaliknya jika dikonsumsi sesuai takaran, maka akan berdampak positif bagi peminumnya salah satunya dampak kopi untuk kesehatan jantung.

Kopi untuk kesehatan jantung dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi yang terdapat di dalam kopi sehingga bisa mengurangi peradangan arteri pada jantung. Selain itu juga kopi bisa melebarkan pembuluh darah dengan mengaktifkan asam nitrat pada tubuh. Kandungan kafein pada kopi tidak berdampak seutuhnya bagi kesehatan tubuh dimana rata-rata kandungan kafein pada secangkir kopi sekitar 259 mg.

Tetapi kopi tanpa kafein baik untuk mereka yang obesitas karena dapat meeningkatkan HDL atau koleseterol yang baik. Sebaliknya bagi yang tidak mengalami obesitas justru akan menurunkan HDL yang akan meningkatkan resiko pnyakit jantung.

Meminum kopi untuk kesehatan jantung menurutku harus didampingi dengan banyak minum air putih, pola makan yang sehat dan pola hidup yang sehat pula. Karena tanpa dukungan ketiga hal tersebut meminum kopi tiap hari tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. Berikut 3 tips sehat untuk meminum kopi, yaitu:

Dosis

Takaran kopi pada tubuh keadaah sehat dianjurkan hanya boleh mengkonsumsi 2-3 cangkir sehari supaya tidak memberikan efek negatif bagi tubuh

Respon tubuh

Perhatikan respon tubuh anda saat kamu minum kopi, jika ada sinyal jantung berdegup kencang, gangguan tidur, dan gangguan mood maka anda harus berhenti minum kopi.

Coffe yang dimix

5mg kalsium akan hilang setiap 6 ons kopi yang dikonsumsi, kamu bisa menambahkan 2 sendok susu pada kopi atau membuat espresso latte untuk menambah kandungan kalsium pada saat minum kopi.

==BAGIKAN==
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top