Nasional

Jamaah At-Taubah Ciliwung Rutin Gelar Pengajian Malam Jum’at

Pengajian Jumat Ciliwung

JAKARTA – Jika anda sempat berkunjung ke kompleks Wisma Ciliwung, Jalan Bukit Duri Tanjakan, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, maka anda akan menemukan sebuah pemandangan yang tidak biasa. Komunitas jamaah Mushallah At-Taubah yang kesemuanya adalah laki-laki, setiap malam Jumat, rutin melaksanakan pengajian.

Menurut salah satu pengurus Mushallah At-Taubah, Syahril Hayut, kegiatan pengajian setiap malam Jum’at ini sudah berlangsung kurang lebih tujuh tahun. “Kurang lebih sudah berlangsung sekitar tujuh tahun kegiatan pengajian ini kami lakukan,” kata Syahril Hayut kepada republikpos.com.

Pengajian Ciliwung Malam Jumat

Syahril menambahkan, jamaah yang hadir pada pengajian ini, bukan saja berasal dari kompleks Wisma Ciliwung saja, namun juga dari beberapa wilayah di DKI Jakarta dan Tangerang. “Pada dasranya mereka yang hadir pada kegiatan ini adalah mereka yang berkegiatan di wilayah-wilayah dekat sini, meskipun mereka ada yang tinggal di sejumlah wilayah Jakarta bahkan Tangerang,” katanya.

Selain menggelar pengajian rutin, kata Syahril, jamaah Mushallah AT-Taubah juga sering menggealr kegiatan yang berkaitan dengan peringatan hari-hai besar Islam. “KIta juga selalu melaksanakan kegioatan jika bertepatan dengan peringatan hari besar Islam. Apalagi kalau bulan Ramadhan, kami selam 30 hari itu tidak putus kegiatannya,” ujar pria asal Gorontalo ini.

Pengajian Jumat

Senada dengan itu, salah satu jamaah Mushallah At-Taubah, Faula Hakim Rambe, mengatakan, dirinya sudah beberapa tahun ini turut aktif dalam kegiatan-kegiatan di Mushallah At-Taubah. “Saya sudah cukup lama berbaur dalam komunitas jamaah Mushallah At-Taubah ini. Di sini kegiatannya cukup aktif, walau jamaahnya laki-laki semua,” kata Faula.

Pria yang berasal dari Medan ini juga mengaku, sering mengikuti kegiatan peringatan hari besar Islam di tempat ini. “Di sini selalu ada kegiatan, dalam setiap kegiatan secara sukarela jamaah menyumbang untuk urusan konsumsinya. Kadang juga yang menanggung konsumsinya itu adalah mereka yang memenuhi hajat mereka,” katanya.

Pengajian Komunitas Ciliwung Malam Jumat

Diketahui, meski mushallahnya kecil, namun jamaah Mushallah At-Taubah ini terdiri dari sejumlah kalangan dengan latarbelakang yang berbeda-beda, serta asal yang juga berbeda. Dari pantaun republikpos.com, jamaah yang ada di Mushallah At-Taubah ini berasal para perantau seperti dari Medan, Jawa, Jawa Barat, Makassar, Gorontalo, Manado dan sejumlah wilayah lainnya. (*/)

Pengajian Malam Jumat Komunitas

Editor: Muhammad Abu Faiz

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top