Kesehatan

Efek Samping Jika Mengkonsumsi Petai Secara Berlebihan

Efek Petai

REPUBLIKPOS– Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, petai juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Apa saja efek samping petai jika dikonsumsi secara berlebihan ?

Jika dikomsumsi secara berlebihan, petai akan berbahaya bagi ginjal karena dalam biji petai mengandung asam amino. Asam amino merupakan komponen penting dalam penyusunan protein, namun bila dalam jumlah banyak maka akan dibuang melalui ginjal dan akibatnya protein yang berat molekulnya, akan merusak saringan pada ginjal dan akibatnya akan ditemukan protein dalam urine. Dan gejala ini dinamakan proteinuria.

Selain itu, memakan petai terlalu banyak juga membuat air seni anda beraroma tidak sedap. Hal ini juga disebabkan oleh asam amino yang kaya akan unsur Nitrogen dan unsur Sulfur yang akan diubah menjadi gas Amoniak (NH3) dan Hidrogen Sulfida (H2S) yang juga menyebabkan kentut anda menjadi lebih bau dari biasanya.

Hal yang paling sering dikeluhkan oleh mereka yang suka mengkonsumsi petai adalah bau mulut. Namun akibat dari kandungan unsur sulfur pada petai membuat bau mulut lebih menusuk.

Mengkonsumsi petai secara berlebihan dapat sebabkan bau mulut. (foto:istimewa)

Mengkonsumsi petai secara berlebihan dapat sebabkan bau mulut. (foto:istimewa)

Nah, itu dia sejumlah efek samping jika anda berlebihan dalam mengkonsumsi petai. Alangkah baiknya jika anda lebih bisa mengatur intensitas anda dalam mengkonsumsi biji yang satu ini.

Editor: Pratiwi Lintang

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top