Ragam

Wisata Religi di Masjid At-Ta’awun Puncak Bogor

Masjid Atta'awun Bogor

BOGOR – Bagi anda yang sering melewati jalur Puncak Bogor, tentu tidak asing lagi dengan salah satu masjid yang ada di wilayah ini. Masjid At-Ta’awun, begitu biasa orang menyebutnya.

Menurut Wakil Ketua DKM Masjid At-Ta’awun, H Andi Jamal Fuadi, masjid yang dibangun tahun 1997 ini, menjadi tempat favorit sejumlah orang untuk berwisata religi. “Tempat ini menjadi salah satu tempat yang cukup ramai dikunjungi, apalagi jika akhir pekan,” kata Jamal Fuadi.

Masjid yang diprakarsai oleh Gubernur Jawa Barat kala itu, H R Nuriana, kata Jamal, kini dikelola oleh Badan Pengelola Islamic Centre (BPIC) Jawa Barat. “Kini pengelolaannya di bawah BPIC, itu yang bentuk adalah bapak Gubernur, Ahmad Heryawan,” ujar Jamal.

Wisata Religi Masjid Atta'awun Bogor

Jamal menambahkan, setiap hari Minggu Masjid At-Ta’awun ini juga mengadakan pengajian majelis Ta’lim yang diikuti Majelis Ta’lim se-Cisarua, Bogor. Sementara untuk hari Rabu, diikuti oleh majelis Ta’lim warga sekitar masjid. “Selain itu, di sini juga sering diadakan akad nikah yang kita buka untuk umum,” pungkasnya.

Terletak di dataran tinggi dan dikelilingi kebun teh, membuat masjid ini mejadi salah satu masjid yang unik. Letaknyapun yang cukup strategis, membuat mereka yang melintas sering menjadikannya sebagai salah satu tempat persinggahan favorit.

Salah satu pengujung yang mengaku datang jauh-jauh dari Yogyakarta, Isnaeni Wahyuniarti, memilih tempat ini karena selain pemandangan di sekitar masjid indah, dirinya juga tidak perlu jauh-jauh jika ingin melaksanakan shalat. “Saya sudah dua kali ke sini. Saya suka berada di Masjid Atta’awun. Hitung-hitung, wisata religi,” kata Isnaeni.

Shalat di Masjid Atta'awun Bogor

Sementara itu, pengunjung lainnya, Dedi Nopiansah, mengaku sudah puluhan kali berkunjung ke masjid ini. Bahkan, berkunjung ke Masjid Atta’awun, sudah hampir menjadi rutinitasnya setiap bulan.

“Kalau dua puluh kali berkunjung ke sini, sepertinya sudah. Saya suka di sini, pemandangannya indah, paling tidak menghilangkan suntuk setelah seminggu bekerja,” kata Dedi yang mengaku sebagai karyawan di Kota Cianjur ini.

Diketahui, di sekitar masjid juga para pengunjung akan mudah menemukan sejumlah warung makan atau warung-warung yang menyediakan minuman untuk mengusir hawa dingin. Selain itu, camilan-camilan kecil juga banyak tersedia di tempat ini.

(*/)

Penulis: Hilman Septian
Editor: Pratiwi Lintang

==BAGIKAN==
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top