Kesehatan

11 Obat Herbal untuk Mengatasi Penyakit Diabetes

obat herbal diabetes

REPUBLIKPOS.COM– Diabetes dibagi menjadi 2 jenis yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kegagalan fungsi tubuh untuk memproduksi hormon insulin. Sedangkan diabetes tipe 2 lebih sering kita kenal dengan sebutan diabetes melitus atau kencing manis.

Diabetes melitus adalah penyakit akibat ketidakmampuan tubuh untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Pasokan gula berlebih yang masuk ke dalam tubuh menjadi penyebab utama diabetes tipe 2 ini. Penyakit ini juga dapat memicu komplikasi lainnya seperti stroke.

Obat Herbal Diabetes Melitus

Jika Anda terkena diabetes melitus, maka ada beberapa alternatif pengobatan yang dapat dilakukan. Alternatif pertama adalah pengobatan medis dengan obat-obatan kimiawi, dan yang kedua adalah pengobatan herbal. Kali ini kami akan membagikan info kepada Anda seputar beberapa tanaman yang ternyata mampu mengobati diabetes.

1. Daun Sambiloto

Daun ini mudah ditemukan di sekitar Anda dan memiliki rasa yang pahit. Daun sambiloto memiliki kandungan flavonoid yang mampu membantu tubuh membentuk hormon insulin.

2. Bawang Merah

Ternyata bawang merah selain digunakan sebagai bumbu dapur juga bermanfaat untuk mengobati diabetes. Kandungan zat dan nutrisi dalam bawang merah mampu mencegah kerusakan hormon insulin dalam tubuh. Selain itu bawang juga berfungsi melepaskan insulin dari tubuh dan menurunkan kadar gula dalam darah.

3. Daun Pegagan

Daun pegagan kaya akan kandungan zat anti-toksin dan juga antibakteri. Dengan kandungan zat tersebut daun pegagan dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes dan juga darah tinggi.

4. Daun Salam

Selain digunakan untuk bumbu masakan, daun salam juga memiliki khasiat sebagai obat diabetes. Kandungan vitamin pada daun salam dipercaya mampu mengobati luka luar akibat diabetes. Bagi Anda yang memiliki luka akibat diabetes, maka Anda cukup menghaluskan daun salam dan kemudian menempelkannya pada luka.

5. Ginseng

Tanaman asli korea ini sudah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, ginseng juga memiliki manfaat untuk mengobati diabetes. Rutin mengkonsumsi ginseng terbukti dapat membantu menstabilkan gula darah dan meningkatkan kadar insulin.

6. Batang Brotowali

Daun ini sering ditemukan di sekitar kita sebagai tumbuhan liar. Namun ternyata brotowali memiliki manfaat di bidang kesehatan. Kandungan zat dalam brotowali memiliki efek analgesik (menghilangkan rasa sakit) dan antipiretik (menurunkan panas).

Untuk mengobati diabetes, bagian yang digunakan adalah batang brotowali. Anda dapat membuat ramuan dari 6 cm batang brotowali, tambahkan dengan segenggam daun sambiloto dan daun kumis kucing. Kemudian rebus campuran bahan tersebut dengan 3 gelas air. Minumlah ramuan ini rutin setelah makan.

Rasa pahit dalam batang brotowali dan juga daun sambiloto mampu memberikan sifat menyejukkan dan bersifat hipoglikemik (menurunkan gula darah). Proses penurunan gula darah dengan brotowali ternyata hanya memakan waktu 2 – 3 jam saja.

7. Lidah Buaya

Fungsi utama lidah buaya adalah sebagai anti radang atau pencahar. Untuk pengobatan diabetes, Anda dapat membuat ramuan lidah buaya sebagai berikut:

– Siapkan 1 lembar lidah buaya,cuci bersih, kemudian potong-potong.
– Rebus lidah buaya dengan 3 gelas air sampai menyusut menjadi 1,5 gelas.
– Minumlah ramuan ini 3 kali sehari dengan takaran 1,5 gelas/minum.

8. Mahkota Dewa

Khasiat dari tanaman mahkota dewa adalah sebagai anti radang, obat disentri, obat sakit kulit, dan eksim. Untuk membuat ramuan mahkota dewa sebagai obat diabetes cukup mudah. Anda cukup menyiapkan 5 – 7 iris buah mahkota dewa kemudian seduh dengan air panas. Biarkan hingga buah mahkota dewa larut kemudian Anda dapat meminumnya.

9. Mengkudu

Mengkudu atau pace memang telah dikenal sebagai obat herbal mujarab. Mengkudu terbukti dapat menyembuhkan penyakit darah tinggi. Selain itu, mengkudu juga dapat menurunkan gula darah. Mengkudu dapat memperbaiki sel beta pankreas dan reseptor insulin yang terganggu fungsinya.

10. Pare

Buah pare biasa digunakan sebagai sayur. Tanaman dengan rasa pahit ini ternyata memiliki khasiat untuk menurunkan kadar gula darah. Kandungan Charantin dan polypeptide-P dalam buah pare terbukti mampu merangsang sel beta pankreas untuk mengeluarkan hormon insulin.

11. Teh Hijau

Kandungan polifenol dalam teh hijau terbukti mampu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Penelitian di bidang kesehatan telah membuktikan bahwa mengkonsumsi teh hijau secara rutin mampu menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah. Kandungan dalam teh hijau juga dapat memperbaiki fungsi pankreas, sehingga mampu merangsang tubuh memproduksi hormon insulin.

Itulah 11 jenis tumbuhan herbal yang ternyata mampu mengobati diabetes. Jika saat ini Anda terkena diabetes, cobalah untuk melakukan pengobatan herbal. Pastikan pula Anda membantu pengobatan dengan menjaga pola makan dan hidup sehat. Sebisa mungkin hindarilah makanan manis dan tinggi karbohidrat.

Dan karena di atas adalah obat alami, maka Anda harus bersabar dan melakukannya dengan tekun. Karena seperti yang kita ketahui, reaksi obat alami/herbal tidak bisa instan seperti obat-obatan kimia. Namun walau reaksinya lambat, obat alami lebih aman karena tanpa efek samping.

Penulis: Yaniar Asmara

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top