Kesehatan

Inilah 10 Obat Herbal Terbaik Untuk Mengusir Asam Lambung

obat herbal asam lambung

REPUBLIKPOS– Penyakit asam lambung atau dalam bahasa ilmiahnya Gastroesophageal Reflux Disease, adalah penyakit yang disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus (kerongkongan). Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati dan kerongkongan atau sensasi terbakar pada dada.

Penyebab Asam Lambung

Penyakit asam lambung tidak dapat disepelekan. Penyakit ini bahkan jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat bisa memicu kematian. Penyakitasam lambung umunya terjadi karena kondisi lower esophageal sphincter (LES) atau lingkaran otot bagian bawah kerongkongan tidak berfungi.

LES berfungsi seperti katub yang dapat terbuka ketika makanan atau minuman turun ke perut. Kemudian katub tersebut menutup secara otomatis untuk menghindari asam dan makanan dari perut naik ke kerongkongan kembali.

Penyakit asam lambung biasanya juga berkaitan dengan faktor obesitas, keadaan hamil, atau konsumsi makanan kaya lemak. Gejala penyakit asam lambung umumnya ditandai dengan sensasi rasa terbakar pada dada atau nyeri di ulu hati. Mulut dan kerongkongan terasa tidak nyaman. Anda juga dapat merasakan sakit dan sulit untuk menelan makanan.

Penyakit asam lambung ternyata juga dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh. Kasus yang paling umum terjadi adalah munculnya esofagitis, yaitu peradangan pada dinding kerongkongan. Jika kondisi esofagitis semakin parah, maka penderita akan kesulitan untuk menelan makanan karena adanya tukak/luka.

Obat Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung

Untuk menyembuhkan penyakit asam lambung, Anda dapat mengubah pola makan dengan menu yang rendah lemak. Jika kondisi asam lambung masih belum parah, maka Anda dapat melakukan pengobatan secara herbal dengan tumbuhan seperti:

1. Jahe

Konsumsi jahe tidak lebih dari 2 – 4 gram perhari akan menetralisir asam lambung Anda. Jika Anda menkonsumsi jahe berlebihan ( lebih dari 4 gram perhari) maka penyakit maag justru akan semakin buruk.

2. Permen Karet

Jangan sepelekan permen karet. Karena ternyata permen karet mampu mengurangi asam lambung kita. Saat kita mengunyah permen karet, maka produksi air liur akan lebih banyak. Air liur ini akan masuk ke lambung dan menetralisir produksi asam yang berlebihan.

3. Lidah Buaya

Selain dimanfaatkan untuk produk kecantikan, ternyata lidah buaya juga berfungsi sebagai obat asam lambung. Anda dapat mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk jus setiap hari. Kandungan nutrisi dalam lidah buaya terbukti mampu meredam inflamasi yang terjadi di lambung dan mengobati maag.

4. Baking Soda

Baking soda digunakan untuk membuat adonan roti mengembang. Namun ternyata sifat basa yang ada pada baking soda mampu menetralisir asam. Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 gelas air dan minumlah larutan ini untuk mengobati asam lambung.

5. Buah Pisang

Pisang ternyata mengandung antasida, yakni suatu zat yang dapat mencegah produksi HCl berlebihan pada lambung. Oleh karena itu, pisang dapat menyembuhkan penyakit asam lambung. Namun Anda perlu berhati-hati jika setelah mengkonsumsi pisang kondisi asam lambung justru semakin parah. Hentikan pengobatan dengan cara ini dan coba cara lainnya.

6. Kunyit

Buatlah ramuan kunyit dengan cara:
• 2 jari tangan kunyit yang dikupas dan dibersihkan.
• Parut kunyit tersebut dan tambahkan air matang.
• Peras dan saring air kunyit tersebut
• Diamkan higga mengendap dan ambil airnya saja.
• Minumlah ramuan ini 2 kali sehari pada pagi hari sebelum makan dan malam sebelum tidur.

7. Mentimun

Irislah mentimun segar memanjang dengan tebal sekitar 1 cm. Makanlah 2 irisan mentimun setiap 2 jam sekali untuk menyembuhkan asam lambung. Anda juga dapat memakan mentimun dengan yogurt, wortel, mint, atau bawang putih mentah.

8. Kacang Hijau

Kacang hijau dapat mengobati penyakit asam lambung yang Anda derita karena sifatnya yang mampu menebalkan lapisan lambung. Kadar asam lambung yang berlebih juga dapat dinetralkan dengan kacang hijau. Konsumsilah bubur kacang hijau buatan sendiri tanpa santan untuk pengobatan asam lambung.

9. Kencur

Untuk mengobati asam lambung, ambillah 1 jari rimpang kencur. Cuci bersih dan kupas rimpang tersebut, kemudian kunyahlah bersama garam hingga halus dan telanlah. Setelah itu Anda dapat meminum air hangat untuk menetralisir rasanya. Lakukan pengobatan ini 3 kali sehari secara rutin.

10. Pisang Raja

Untuk membuat obat asam lambung, pilihlah pisang raja yang sudah tua namun belum matang. Potong pisang tipis-tipis seperti keripik kemudian jemurlah hingga kering. Setelah pisang kering, blender atau tumbuk pisang hingga halus. Bubuk pisang raja ini dapat Anda gunakan sebagai ramuan obat asam lambung dengan mencampurkan madu. Minumlah ramuan ini setiap pagi dan malam hari.

Itulah 10 obat herbal alami untuk penyakit asam lambung. Bahan-bahan di atas sangat mudah dijumpai di sekitar kita, yang tentunya bisa kita dapatkan dengan harga terjangkau. Namun jika dokter telah menyatakan bahwa penyakit asam lambung Anda sudah pada tahap parah, sebaiknya Anda segera mendapat pengobatan dan tindakan medis yang tepat.

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top