Nasional

Bahas Konten Hoax, Menkominfo Segera Bertemu Pimpinan Facebook

2017-02-01_045842

JAKARTA – Massifnya peredaran konten atau berita hoax di media sosial akhir-akhir ini, membuat pemerintah mengambil langkah tegas untuk menyikapinya. Rencananya, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) akan bertatap muka dengan pimpinan Facebook Asia Pasifik, pekan depan.

Demikian pernyataan Menkominfo, Rudiantara, saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (1/2).

“Kemarin agak tertunda (Bertemu dengan pimpinan Facebook). Tapi minggu depan itu saya video call dulu dengan facebook Asia Pasifik. Setelah itu baru ketemu secara fisik,” jelas dia.

Ada beberapa hal yang akan dibahas dalam pertemuan itu antara lain, menyangkut kerja sama pemerintah Indonesia dengan Facebook melakukan pelapisan agar tidak bisa dimasuki konten-konten yang negatif.

“Dan ini juga menjadi concern-nya facebook. Contohnya, kalau pornografi facebook juga enggak bisa buka. Kita mau kerja sama, gimana pelapisan yang lebih baik,” jelas Rudiantara.

Ditanya lebih lanjut, berapa besar pengguna akun tersebut yang hobi menyebarkan berita-berita hoax? Rudiantara tidak bisa memastikannya. Lantas, solusi apa yang diambil Kemenkominfo ke facebook untuk mengantisipasi konten negatif?

“Saya tidak akan reveal ke public lah. Yang penting akan membahas gimana melakukan pelapisan dini. Gimana kita bisa melakukan kalau perlu take down maka take down-nya lebih cepat. Itu saja,” demikian Rudiantara. (*/)

Sumber: Gatranews

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top