Beauty

Trik Mengelola Keuangan Agar Segera Bisa Membeli Rumah

keuangan

Tinggal bersama mertua, walaupun bebas biaya, namun bisa membuat siapapun terkadang merasa terbebani dan merasa tidak bebas. Dan apabila tinggal mengontrak atau kos, tentunya lebih membutuhkan banyak dana guna membayar harga sewanya.

Tentu saja, kebanyakan orang punya keinginan membeli rumah. Tetapi kendalanya adalah faktor keuangan. Jadi perlu tips khusus yang harus dijalankan agar bisa mengelola keuangan dengan baik agar bisa segera membeli rumah.

1. Menabung

Menyisihkan uang yang anda miliki secara rutin, dapat membantu dalam menggapai keinginan anda, misalnya keinginan membeli rumah. Tentukan berapa jumlah yang akan ditabungkan dan taruhlah uang tabungan anda pada tempat penyimpanan uang yang tidak mungkin dapat diambil sewaktu-waktu. Lakukan menabung setiap bulan dengan jumlah yang sama. Usahakan menabung 50% dari penghasilan anda. Jangan gunakan uang yang seharusnya akan anda tabung untuk keperluan sehari-hari. Jika anda melakukan hal tersebut, kemungkinan untuk membeli rumah idaman akan terwujud. Perlu diingat, janganlah mengikuti gaya hidup yang tidak dapat anda jangkau.

2. Hindari Hutang

Jika anda memiliki cita-cita besar seperti membangun rumah hindari untuk berhutang. Hutang yang banyak akan membebankan anda, sehingga untuk menabung guna membeli rumah tidak akan berjalan. Cobalah untuk melunasi seluruh hutang yang anda miliki terlebih dahulu, jadikan pelunasan hutang menjadi prioritas, setelah itu sisihkan gaji untuk menabung. Dengan demikian, cicilan lain tidak akan mengganggu alokasi dana untuk membeli rumah. Biasakan juga hidup hemat dan normal sehingga hutang tidak akan kembali ke kehidupan anda.

3. Cari Bank yang Terpercaya dan Berbunga Ringan

Bila anda ingin mengambil hutang di bank untuk modal rumah sangat dibolehkan dan dianjurkan. Namun, pemilihan bank yang tepat dan berkredibilas haruslah anda perhatikan. Jangan asal saat memilih mengambil pinjaman di sembarang bank. Pilihlah bank yang anda percayai, selain itu pilihlah pula bank yang memberikan bunga ringan untuk setiap cicilannya. Perlu diperhatikan, pilihlah bank yang tidak membebankan seluruh bunganya ketika anda akan menutup kredit anda dan prosesnya mudah, cepat, dan profesional. Dengan demikian, proses memiliki rumah akan terwujud.

4. Beli Properti Sesuai Kebutuhan

Ketika anda ingin memiliki rumah, pasti anda akan mengoleksi properti yang akan digunakan di dalam rumah. Pemilihan properti juga harus sesuai dengan kantong anda. Jangan memilih properti yang harganya sangat mahal dan tidak sesuai dengan kebutuhan anda. Pilihlah properti yang memang diperlukan di dalam rumah. Memilih properti yang baik dan sesuai kebutuhan, akan membantu anda untuk memperlancar membeli rumah.

5. Menentukan Target

Menentukan target akan mempercepat keinginan anda untuk segera memiliki rumah. Tentukan target yang akan anda gunakan untuk membeli rumah, apakah jangka panjang atau jangka pendek. Target yang paling baik jika penghasilan anda dirasa kurang yaitu jangka panjang. Jangka panjang berkisar antara 5 hingga 10 tahun. Usahakan untuk mematuhi target yang anda buat. Usahakan untuk selalu membuat daftar prioritas dan laporan keuangan agar dapat terkontrol dengan baik.

6. Buat Usaha Lain atau Menanam Investasi

Jika ada merasa penghasilan anda kurang untuk membeli atau membangun rumah gunakan cara lain untuk memenuhinya dengan membuat usaha lain atau menanam investasi. Anda dapat berjualan atau pun membeli emas, selain itu anda juga dapat bekerja sama dengan kerabat atau teman anda yang memiliki usaha seperti beternak atau lain sebagainya.

Itulah beberapa trik yang dapat anda gunakan untuk mengatur dan mengelola keuangan anda agar dapat segera membeli rumah impian. Selamat mencoba.

==BAGIKAN==
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top