News

Hari Ini, Dokumen Sultim Resmi di Tangan Kemendagri

2017-01-30_211543
PENYERAHAN DOKUMEN. Tim pembentukan Provinsi Sulawesi Timur (Sultim) hari ini secara resmi menyerahkan dokumen pembentukan Sultim. Dokumen tersebut diserahkan langsung ke Direktur Penataan Daerah Otonomi Khusu dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah.

JAKARTA – Dokumen terkait pembentukan Sulawesi Timur (Sultim) resmi diserahkan ke Ditjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), hari ini, Senin (30/1) di Kantor Kemendagri, Jakarta dan diterima langsung oleh Direktur Penataan Daerah Otonomi Khusu dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah.

Penyerahan dokumen yang terdiri dari peta induk dan peta enam kabupaten di wilayah Sulawesi Timur ini, juga berbarengan dengan penyerahan dokumen sejarah berdirinya enam kabupaten yang ada.

“Alhamdulillah hari ini kita sudah serahkan dokumen terkait pembentukan Sulawesi Timur. Semua yang kita serahkan adalah persyratan teknis provinsi dalam angka, buku PDRB, ringkasan APBD 3 tahun terakhir. Ada juga data kabupaten dalam angka, RPJMD kabupaten dan induk,” kata Ketua Tim Pemekaran Sultim, Hasrin Rahim.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol, Alfian Djibran mengatakan, selain dokumen di atas, sejumlah persyaratan lain juga diserahkan seperti profil kabupaten dan kota, formulir isian yang ditandatangi Ketua DPRD dan Gubernur, daftar nama pulau, serta sejumlah persyaratan lainnya,” kata Alfian.

“Ini adalah satu langkah maju, karena rekekomendasi DPD-RI sudah ada, tinggal Kemendagri yang menindaklanjuti ke DPR-RI,” tambah Alfian Djibran kepada republikpos.com.

Diketahui, enam kabupaten yang akan bergabung dengan Sultim nantinya yakni, Kabupaten Banggai, Kabupaten Morowali, Kabupaten Tojo Unauna, Kabupaten Banggai Kepulauan, Kabupaten Banggai Laut dan Kabupaten Morowali Utara.

Turut hadir dalam penyerahan dokumen tersebut yakni, Hasrin Rahim, Kepala Kesbangpol Banggai, Alfian Djibran, Tokoh Masyarakat Sukri Mansur dan Umar Tansa. (*/)

Penulis: Istman Musadin
Editor: Ibrahim Cambo

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top