Health

Kenapa Wanita Lebih Sering Alami Insomnia?

insomnia

Menurut riset, insomnia atau gangguan sulit tidur lebih banyak dialami oleh wanita dibanding pria. Mengapa begitu? Ada beberapa penyebab menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh US Department of Health & Human Services. Apa saja penyebabnya? Simak ulasan berikut ini:

Hormon

Wanita memiliki beberapa tingkatan hormon estrogen dan progesteron, dibanding pria. Menurut Dianne Augelli, M.D, seorang ahli gangguan tidur dari Weill Cornell Center for Sleep Medicine, New York, AS, hal tersebut sangat memengaruhi kemampuan seorang wanita untuk bisa tidur dengan kualitas yang baik. Fluktuasi hormon pada wanita juga memengaruhi irama circadian, atau yang biasa disebut jam biologis. Jam biologis ini penting dalam menentukan pola tidur. Irama Circadian ini terletak terutama di suprachiasmatic nucleus (SCN), yaitu sekelompol sel yang terletak di hopotalamus (bagian dari otak).

Periode haid

Hormon-hormon yang tersebut di atas tadi memegang peranan terhadap gangguan yang terjadi selama periode menstruasi, misalnya kembung, perut kram, payudara menjadi keras, hingga perubahan mood. Seluruh gangguan tersebut tentunya dapat menyebabkan gangguan tidur.

Kehamilan

Apa boleh buat, kondisi kehamilan umumnya memang disertai oleh ketidaknyamanan, dalam hal ini termasuk saat tidur. Jika usia kehamilan semakin bertambah, frekuensi BAK bertambah. Tak jarang di malam hari ibu hamil harus terbangun beberapa kali hanya untuk ke toilet.
Ditambah lagi, saat hamil beberapa ibu akan mengalami sleep apnea obstruktif, serta kaki bengkak.

Anak-anak

Coba bandingkan, berapa banyak ayah yang langsung terjaga saat bayinya menangis keras di tengah malam? Lebih banyakkah dari ibu? Menurut penelitian, walau tertidur, telinga ibu tetap terjaga penuh. Sehingga akibatnya, tidurnya menjadi tidak berkualitas.

Menopause

Saat wanita memasuki masa menopause, gejala seperti berkeringat berlebihan membuat Anda tidak gerah, dan tidak nyaman terutama saat tidur malam. Menopause juga mungkin saja mengakibatkan Anda menderita sleep apnea obstruktif. Jika pasangan Anda mulai terganggun dengan dengkuran Anda, segeralah ke dokter untuk mendapatkan bantuan.

Stres

Seakan semua fase kehidupan wanita bisa menyebabkan gangguan tidur, ya? Namun, stres karena tidak bisa tidur akan semakin memperparah keadaan. Jika gangguan tidur Anda semakin parah, segeralah menemui ahlinya untuk mendapatkan bantuan. Bila diperlukan, Anda mungkin akan diberikan obat untuk membantu Anda tidur.

Sumber: CNN Health via 1health.id

==BAGIKAN==
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top