Kesehatan

Apakah Penderita Diabetes Boleh Konsumsi Makanan Manis?

makanan-manis

REPUBLIKPOS- Berbagai informasi bertebaran di internet tentang pantangan penyakit diabetes. Pertanyaan yang kemudian sering diajukan adalah apakah boleh penderita diabetes mengonsumsi makanan manis? Jawabannya boleh. Akan tetapi, penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula berkalori yang rendah.

Menurut dr. Anjab Akmal Syaroni, SpPD, penggunaan gula rendah kalori diharapkan tidak memperburuk kontrol gula darah pada penderita diabetes.

Tidak hanya itu, menurut dr. Anjab produk pengganti gula atau pemanis buatan bisa menjadi pilihan yang bijak, karena saat ini sudah ada beberapa produk pemanis buatan yang kandungan kalorinya rendah.

“Penggunaan pemanis berkalori tetap harus diperhitungkan dengan memantau kandungan kalorinya sebagai bagian dari kebutuhan kalori sehari. Jadi masih aman dikonsumsi selama tidak melebihi batas,” tutur dr. Anjab.

Namun demikian dr. Anjab mengingatkan bahwa tidak semua pemanis buatan baik bagi penderita diabetes, seperti fruktosa.

“Fruktosa tidak dianjurkan karena bisa menimbulkan efek samping pada lemak darah,” jelasnya. Sementara pemanis rendah kalori yang dapat digunakan antara lain aspartam, sakarin, acesulfame potassium, sukralose, dan neotame.

Konsultasi: dr. Anjab Akmal Syaroni, SpPD dari Siloam Sriwijaya Palembang, Sumatera Selatan.

Sumber: Majalah Silver, Siloam

==BAGIKAN==
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top