Khazanah

Kisah Soekarno Naik Haji, Pulang Diberi Mobil Mewah Raja Saudi

soekarno-naik-haji

Kisah kehidupan Presiden Soekarno selalu menarik untuk disimak. Kali ini cerita ketika Soekarno berangkat ke Tanah Suci menuaikan ibadah haji tahun 1955.

Saat tiba, kerajaan Saudi menyambut Soekarno sebagai tamu kehormatan. Selama menunaikan ibadah haji, dia didampingi keluarga kerajaan.

Dalam buku ‘Penyambung Lidah Rakyat’ yang ditulis Cindy Adams, ada kebiasaan yang berlaku di Saudi, yaitu jika barang yang dikenakan di padang pasir selama satu minggu,akan menjadi milik yang mengenakannya.

“Ketika aku akan kembali ke tanah air, Raja Arab Saudi mengatakan, ‘Presiden Soekarno, mobil Chrysler Crown Imperial ini telah Anda pakai selama berada di sini. Dan sekarang saya menyerahkannya kepada anda sebagai hadiah,” kata Soekarno menirukan ucapan Raja Saudi dalam buku tersebut.
Soekarno tentu sangat gembira dengan pemberian hadiah tersebut. “Sudah tentu aku tidak akan menentang kebiasaan itu. Selain itu, aku sudah sudah tertarik pada Chrysler ini sejak pertama kali melihatnya,” kata Soekarno.

Ironisnya, mobil hadiah Raja Saudi itu pula yang kelak rusak digranat anggota Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DII/TII) anak buah Kartosoewirdjo. Peristiwa itu dikenal dengan nama Peristiwa Cikini. Percobaan pembunuhan terhadap Soekarno tersebut gagal.

“Dan apakah kejahatanku? Mengapa mereka mencoba membunuh Soekarno? Mereka menyatakan aku seorang Muslim yang buruk. Cukup aneh, mobil yang mereka hancurkan dalam peristiwa Cikini itu adalah milikku yang kuperoleh karena aku dinilai sebagai seorang Muslim yang baik,” beber Soekarno.

Sumber: Merdeka.com
Editor: Rahmat Hidayat

==BAGIKAN==
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top