News

Sidang Jessica Terbaru Hari Ini: Ahli Sebut Mirna Tewas Karena…

sidang jessica

Ahli Forensik RS Polri Saksi Dr. Slamet Purnomo menyakini Mirna meninggal karena meminum kopi mengandung sianida. Hal itu ia katakan lantaran terdapat tanda-tanda korban mengalami keracunan.


Menurut Dr. Slamet Purnomo, ada lima cara tim dokter mendiagnosis pasiennya mengalami kematian, seperti adanya orang biasa yang mendadak meninggal, dan ada kontak dengan benda yang kemungkinan jadi penyebab kematian itu.

“Kalau sianida jumlahnya atau konsentrasinya besar akan menyebabkan luka di kulit itu kalau (sianidanya) cairan. Kalau bubuk itu menyebabkan gatal,” ucapnya di PN Jakpus, hari ini Rabu (3/8/2016).

Sementara itu, Ahli Forensik Polri lainnya, Doktor Nur Samran Subandi mengungkapkan sianida lebih cepat larut daripada garam dan gula bila dicampur dalam cairan.

“Sianida lebih cepat larut daripada gula dan garam,” kata Subandi dalam kesaksiannya.

Subandi merupakan pemeriksa sampel organ dalam tubuh Wayan Mirna Salihin. Dalam pemeriksaannya, diketahui bahwa terdapat perbedaan reaksi sianida larut di dalam tubuh dan gelas Mirna.


Dalam tubuh Mirna, sianida lebih cepat larut. Pasalnya, hanya ditemukan sianida 0,2 miligram per liter dalam lambung Mirna. Sedangkan dalam gelas bekas Es Kopi Vietnam Mirna ditemukan sianida sebanyak 7.400 miligram per liter.

“Kalau kena asam, bisa jadi HCN (Hidrogen Sianda) kalau masuk lambung. Kita lihat saja. Kadar di gelas dan lambung beda jauh,” kata Subandi.

Subandi menambahkan perbedaan jumlah sianida juga lantaran di dalam gelas tidak ada asam. Sedangkan di dalam perut mengandung zat asam.

“Kalau di lambung (larut) drastis. Jelas sekali berbeda,” katanya.

Mirna meninggal setelah meminum kopi Vietnam yang dipesan oleh Jessica Kumala Wongso di Kafe Olivier, Grand Indonesia, Rabu (6/1/2016). Jessica menjadi terdakwa kasus tersebut. JPU memberikan dakwaan tunggal terhadap Jessica yakni Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana.

By: Makassar

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top