Ragam

Foto Seorang Nelayan Tua Cium Kaki Soekarno

foto-nelayan-tua-cium-kaki-soekarno

Seringkali kita mendengar cerita seorang warga miskin menempuh perjalanan ratusan kilo meter dengan berjalan kaki dari sebuah pelosok pedesaan ke ibu kota hanya untuk menemui Tuan Presiden. Bermacam-macam pula tujuan mereka. Cerita di bawah ini sebagai perbandingan antara Soekarno dan SBY sebagai presiden yang sama-sama pernah mengalami kejadian serupa, didatangi tamu tak diundang dan bukan tamu agung yang terhormat, mekinkan hanya rakyat jelata dari bangsanya sendiri:

Foto diatas adalah foto salah seorang nelayan yang telah uzur. 23 hari ia tempuh dari kampungnya, dengan berjalan kaki menuju Istana Merdeka. Belum sempat ditanya soal kedatangannya, ia langsung bersujud dan mencium kaki Soekarno. Ternyata memang itulah tujuannya kesana.

Ia menyatakan, dirinya sudah berjanji, sebelum mati akan melihat wajah presidennya dan menunjukkan kecintaan serta kesetiaan kepadanya. Mengharukan, dia sama sekali tidak pernah melihat Sang Presiden yang diserukan semua orang itu. Walaupun melalui Televisi yang iapun tidak punya. Soekarno, Manusia yang belum tentu dilahirkan kembali dalam waktu satu abad.

Presiden SBY juga pernah didatangi seseorang bernama Indra, bapak tua ini adalah seorang pria asal Malang, Jawa Timur. Ia kembali ke Jakarta untuk ketiga kalinya.

Dalam kesempatan yang ketiga ini, Indra berjalan kaki seorang diri dari Malang, Jawa Timur. Dia berangkat pada 18 Februari lalu. Indra tiba di kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta,  Minggu (18/3) pukul 19.30 WIB. Dia telah menempuh perjalanan selama 30 hari.

Alasannya datang ke Jakarta, Indra mangaku mencari keadilan. Masalah yang ia hadapi bermula pada 2010, Indra mendapat uang Rp 25 juta dari Kepala Rumah Tangga Istana terkait kematian anaknya bernama Rifki Andika, yang tewas ditabrak seorang polisi. Indra menerima uang itu setelah Presiden SBY menjanjikan bantuan untuk membongkar kasus kecelakaan anaknya.

Rencana Indra Azwan (53) untuk mengadukan nasibnya ke anggota dewan pertimbangan presiden sia-sia. Setelah menunggu beberapa jam di Gedung Wantimpres Jalan Veteran III tidak menemui hasil.

Tidak ada satu pun anggota dewan pertimbangan presiden yang nongol menemui Indra. Padahal, Indra sudah mengeluarkan uangnya sebesar Rp 25 juta untuk dikembalikan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

==BAGIKAN==
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top