Tutorial

Trik Mengatasi Batrei Ponsel yang Boros

batrei hemat ponsel

Cara Menghemat Batrei HP – Banyak user android yang mengeluhkan bila batrei ponselnya cepat habis. Mungkin anda juga sebagian dari user tersebut yang memiliki problem sama dalam hal konsumsi batrei android yang boros.

Memang pada dasarnya hampir semua smartphone (khususnya android) yang memiliki fitur kompleks dan beraneka ragam memiliki daya konsumsi batrei yang besar. Namun bukan berarti kita tidak punya peluang untuk menghemat daya, karena beberapa trik bisa kita lakukan untuk menambah umur pemakaian batrei pada smartphone kita. Nah kali ini saya akan berbagi trik jitu bagaimana cara menghemat batrei pada smartphone kita. Trik ini sudah saya aplikasikan dan hasilnya cukup memuaskan, setidaknya penggunaan batrei cukup untuk memenuhi aktifitas saya sehari–hari.

Trik pertama yang perlu anda lakukan adalah mengurangi kontras layar. Layar merupakan komponen ponsel yang menyerap banyak daya batrei. Kurangi kontras layar semininimal mungkin, tapi ingat, penyesuaian kontras layar tersebut perlu anda sesuaikan dengan kemampuan mata anda.

Saya rasa memasang kontras pada level paling kecil juga tidak terlalu baik karena akan mengganggu pandangan anda. Trik selanjutnya adalah atur lalu lintas data internet secara bijak. Maksud saya disini adalah anda tidak perlu mengaktifkan data internet ponsel anda setiap waktu. Bila anda takut kehilangan informasi atau notifikasi email, anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang akan mengatur koneksi internet anda.

Untuk user android, anda bisa menggunakan DS Battery Saver. Saya sendiri menggunakan aplikasi ini dan sangat terasa bedanya pada tingkat konsumsi batrei yang makin irit. Cara kerja aplikasi ini adalah mematikan koneksi data internet setiap kali layar berada pada mode sleep, namun ketika ada notifikasi yang membutuhkan koneksi, secara otomatis aplikasi ini akan menghidupkan koneksi internet anda.

Trik terakhir dari saya adalah gunakan modus GSM only di daerah–daerah yang yang sulit mendapat sinyal HSDPA atau 3G. Atau anda bisa mematikan ponsel untuk sementara bila kondisi sinyal di tempat anda berada sangat tidak bagus. Asal anda ketahui, ponsel akan menyerap banyak daya saat mencari sinyal yang kondisinya kurang bagus.

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top