Tutorial

Tips Setrika Alternatif Buat Anak Kos

menyetrika baju

Bicara soal gaya hidup anak kos, sudah pasti beraneka ragam. Mulai dari tak sempat sarapan sampai tidak mandi gara-gara air keran mati. Salah satu gaya hidup yang sering dilakukan anak kos adalah laundry. Karena tidak punya waktu atau tak ada tempat mencuci, banyak yang memilih untuk mencuci pakaiannya menggunakan jasa laundry.

Sayangnya, tidak semua laundry menyediakan jasa setrikaan, hanya cuci saja. Alhasil kita masih perlu menyetrika pakaian lagi atau memaksakan diri pergi dengan baju yang masih banyak kusutnya karena tak ada setrikaaan atau waktu yang sempit. Hayo ngaku! Pasti banyak juga yang pernah mengalaminya bukan? Tapi sekarang tak perlu khawatir lagi. Kita bisa menyetrika baju kita tanpa alat buat merapikan baju tersebut!

Flat iron

Flat iron, atau lebih dikenal dengan nama catok rambut ini bisa juga dipakai buat nyetrika baju. Caranya sama kayak kalau kita nyatok rambut, yaitu dengan menjepitkan baju ke catokan tersebut dengan suhu yang tidak terlalu panas. Kalau yang ada cuma catokan rambut yang bisa digunakan buat rambut lembab, hampir sama juga cara kerjanya. Percikkan sedikit air ke baju kita, terus disetrika deh pakai catokan.

Hairdryer

Cara ini lebih mudah. Kita cuma perlu menggantung baju dengan hanger plastik dan mengarahkan hairdryer yang sudah dinyalakan ke baju kita dengan jarak kira-kira 10-15 cm biar bajunya tak terbakar. Oh ya, hangernya kalau bisa jangan yang dari besi, karena karatnya bisa meninggalkan noda di baju kita.

Spray

Ini dia cara paling mudah dan praktis. Cukup dengan modal air dan botol spray, kita bisa nyetrika baju dengan cara alami. Semprotkan sedikit air ke bagian yang kusut, tapi jangan terlalu basah, lalu jemur selama kira-kira 1 jam di bawah sinar matahari.

Shower

Ini cocok buat kost atau rumah ada fasilitas shower air panas yang tertutup di kamar mandi. Kita bisa menggantung baju di rel gorden pakai hanger berbahan plastik. Usahakan buat membersihkan pintu kaca atau mengerinkan gorden penutup ruang shower, biar baju kita tidak kotor. Kalau sudah digantung, kita perlu mengarahkan shower ke bawah biar airnya tak kena baju, terus nyalakan air panas dan biarkan baju kita di dalam situ selama 15 menit. Karena uap air panas teresebut, bisa rapi deh baju kita. Cara kerjanya mirip setrikaan uap.

Cara-cara itu sudah banyak dicoba oleh anak kost dan terbukti cukup manjur buat merapikan pakaian. Happy trying!

==BAGIKAN==
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top