Beauty

Ini Manfaat Botol Mineral Bekas Untuk Rumah Anda

MC.COM — Sinar matahari yang terpancar di bumi ini sepertinya kian lama kian mengeluarkan cahaya panas yang luar biasa. Maka tak heran jika kini sebagian orang tak bisa hidup tanpa Air Conditioner (AC) atau pendingin udara.

Begitu pula dengan Bangladesh, sebuah negara di Asia Selatan yang kerap dilanda cuaca panas hingga mencapai 45 derajat celcius. Namun, sayangnya rata-rata penduduk di sana berekonomi rendah, sehingga mereka akan berpikir dua kali untuk membeli AC.

Jangankan memakai AC, lebih dari 28.000 orang bahkan masih tinggal tanpa aliran listrik di gubuk kecil mereka. Jadi amat kecil kemungkinan, warga memakai kipas angin.

Oleh karena itu, muncul inisiatif untuk mengusir hawa panas dengan cara amat sederhana namun termasuk brilian! Sebuah akun media sosial Bang-Lish Bhaichainchain menjelaskan proses pembuatan alat pendingin udara yang sangat alami.

Pertama yang dibutuhkan hanya botol plastik bekas air mineral dan papan dengan lebar sesuai kebutuhan. Botol plastik itu kemudian dipotong tengah dan diambil bagian atas. Lalu bagian botol yang paling atas dimasukkan ke dalam papan yang sudah dilubangi seukuran tutup botol.

Angin yang masuk melalui bagian tengah botol akan dihempaskan melalui tutup botol dengan tekanan yang lebih keras. Sehingga hempasan angin yang bertubi-tubi akan membuat suhu ruangan menjadi sejuk.

Dalam video itu juga dijelaskan bahwa ide mendinginkan ruangan dengan botol mineral merupakan cara paling alternatif yang bisa dilakukan bagi warga yang belum menggunakan listrik. (sb)

Nonton juga video pembuatannya:

https://www.youtube.com/watch?v=yoLA-ySVCy0

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top