Kesehatan

Cara Mengatasi atau Mencegah Perut Kembung

perut kembung

Salah satu penyebab perut kembung adalah bakteri di usus juga mengkonsumsi kadar gula yang kita makan atau minum sehari-hari, sehingga dapat menghasilkan gas dengan kadar yang tinggi saat gula tersebut dicerna oleh tubuh.


Salah satu tips untuk mencegah perut kembung yaitu dengan mengonsumsi sayuran dan buah karena mengandung serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama perncernaan. Selain mengkonsumsi sayuran dan buah, juga dapat mengonsumsi gandum dan beras merah, pisang, air, jahe, makanan yang mengandung prebiotik dan lainnya.

Beberapa makanan yang disebutkan di atas adalah makanan dan buah-buahan yang baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan serat yang tinggi di dalamnya serta kandungan baik lainnya. Misalnya beras merah dan gandum yang diyakini dapat mencegah perut kembung, gangguan pencernaan, sembelit, bahkan dapat mambantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh kita.


Selain itu, pisang yang mengandung magnesium dan kalsium juga dapat membantu mecegah perut kembung. Beberapa lainnya yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan di dalam tubuh adalah air. Lalu jahe juga mampu meredakan penyakit kembung dan membuatnya terasa lebih nyaman. Makanan dengan kandungan prebiotik dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan bermanfaat untuk bakteri baik yang ada dalam saluran pencernaan, contohnya kacang lentil, bawang merah dan asparagus.

Anda juga bisa mencoba mengolah bahan makanan yang disebutkan di atas menjadi camilan yang enak dan sehat, misalnya mengombinasikan potongan buah dengan yogurt. Namun selain makanan diatas. Namun, ada beberapa sayuran yang justru dapat memicu terjadinya perut kembung, yaitu kecambah, brokoli, dan kol. Ketiga sayuran tersebut adalah beberapa sayuran yang mengakibatkan perut kembung, karena ketiganya mengandung sulfur dan karbohidrat raffinose.

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top