Travel

Pengalaman Berwisata di Alam Borneo Kalimantan Tengah

kalimantan

Borneo, itulah julukan untuk pulau Kalimantan. Teman-teman saya juga ada yang berasal dari kota seribu sungai itu, tepatnya di Kalimantan Tengah. Ternyata Kalimantan tengah yang beribu kota Palangkaraya itu mengoleksi beberapa tempat wisata yang tidak kalah dengan pulau Jawa dan Bali.


Meskipun dikenal sebagai kawasan yang hampir 70 persen adalah hutan, Kalimantan Tengah banyak menyimpan eksotisme alam serta memiliki daya tarik tersendiri. Saya jadi penasaran seperti apakah wisata di Kalimantan Tengah. Apalagi kebetulan sekali teman saya bersedia untuk menceritakan keindahan tempat tanah kelahirannya itu.

Berdasarkan informasi dari salah satu teman saya, Kalimantan Tengah adalah provinsi terbesar di seluruh pulau borneo tersebut. Didominasi oleh suku Dayak khususnya Dayak Ngaju. Selebihnya adalah suku Banjar yang merupakan suku ke dua di Kalimantan, ada suku Jawa, Madura dan Bugis yang juga ikut menghuni Kalimantan Tengah.

Palangkaraya menyimpan beberapa objek wisata seperti Cagar Alam yang terdapat di Bukit Raya, Kelompok Hutan Monumental Kotawaringin Timur, Bukit Sapat Hawung di Barito Utara dan Merang di Palangkaraya. Selain itu mata kita akan dimanjakan dengan panorama air terjun Malau Besar, Bukit Tangkiling, Pantai di Kotawaringin Barat.


Berwisata di Kalimantan Tengah tidak hanya menikmati panorama alamnya saja, namun kita akan mengenal bagaimana adat istiadat suku disana, seperti cara kehidupannya, budayanya, kesenian daerahnya serta kulinernya.

Soal wisata kuliner, para wisatawan tidak akan kehabisan ide kuliner jika telah bertandang ke Kalimantan Tengah. Beragam masakan khas suku dayak dan banjar ada disina, seperti Umbut Rotan dan daun singkong bersantan khas Dayak Ngaju. Ada pula masakan khas Banjar yang terkenal dengan ketupat kandangannya, nasi kuning, boras dan nasi kebuli dari Bugis, serta masakan jawa pun juga tersedia disana.

Kapan ya, saya akan berkunjung ke palangkaraya untuk berwisata?. Yang jelas mendengarnya saja membuat penasaran yang luar biasa tentunya.bagaimana dengan kamu semua? Coba saja luangkan waktu untuk bertandang ke kota seribu sungai di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

BAGIKAN:
alterntif text
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top