Tutorial

Metode Pembayaran Google Adsense Kepada Publishernya

pembayaran google adsense

Cara monetisasi Google Adsense merupakan satu metode untuk memperoleh penghasilan melalui internet. Menjadi publisher dari Google Adsense ini akan memberikan satu penghasilan yang cukup menggiurkan bagi banyak blogger di seluruh dunia termasuk Indonesia saat ini. Lalu yang menjadi pertanyaan kebanyakan para blogger yang baru menggeluti Google Adsense bagaimana prosedur pembayaran publisher Google Adsense tersebut?

Untuk menjawab kegalauan hati mengenai prosedur pembayaran publisher Google Adsense tersebut. Maka sudah seharusnya Anda mengetahui dahulu bagaimana cara bisa menjadi publisher Google Adsense tersebut. Adakah syarat khusus untuk menjadi publishernya, semua itu akan diulas dalam artikel ini.

Syarat Menjadi Publisher Google Adsense

Menjadi publisher Google Adsense bukan perkara mudah. Sebab memang pihak Google Adsense akan melakukan survei serta menyeleksi secara ketat semua calon publishernya. Namun untuk persyaratan mendaftar jadi publishernya cukup mudah. Berikut ini ada beberapa syarat utama untuk menjadi publisher Google Adsense:

1. Usai para calon publisher harus minimal 18 tahun untuk menjadi publisher Google Adsense.

2. Harus memiliki email Google

Google Adsense adalah milik Google, jadi sudah dipastikan Anda harus punya dahulu akun email milik Google yaitu gmail.

3. Memiliki blog atau situs berbayar maupun gratisan

Memiliki blog atau situs sendiri adalah salah satu syarat wajib bagi Anda yang hendak menjadi publisher Google Adsense. Blog yang dimiliki bisa blog gratisan maupun yang berbayar. Untuk blog gratisan disarankan menggunakan blogspot yang memiliki kemungkinan untuk bisa diterima oleh pihak Google Adsense.

4. Melakukan pendaftaran (bisa menggunakan blog gratisan)

Baik blog gratisan maupun menggunakan domain berbayar yang harus diperhatikan adalah blog tersebut sudah berusia 3 hingga 6 bulan lebih. Blog tersebut juga telah memiliki pengunjung organik (pengunjung dari mesin pencarian Google).

Cara Google Adsense Membayar Para Publishernya

Menjadi publisher Google Adsense memang jadi banyak harapan para pemilik blog. Akan tetapi setelah melakukan proses pendaftaran tersebut maka Anda akan menunggu konfirmasi atas permintaan Anda tersebut dari Google Adsense. Konfirmasi tersebut bisa seminggu bahkan juga bisa berbulan-bulan. Semua bergantung pada keberuntungan serta daftar antrian yang ada di Google Adsense.

Lalu setelah web/blog Anda resmi lolos review dan menjadi publisher Google Adsense, maka sudah waktunya Anda mengetahui prosedur pembayaran publisher Google Adsense. Setelah menjadi publisher Google Adsense, Anda akan memiliki akun Google Adsense. Dimana pada akun tersebut akan tersedia halaman khusus yang berisi pengelolaan iklan untuk dipasang pada blog Anda serta berbagai informasi terkait penghasilan adsense Anda. Bisa dikatakan itu adalah rekening virtual Anda untuk laporan pembayaran publisher Google Adsense.

Sistem pembayaran publisher Google Adsense adalah dengan menggunakan cara PPC (Paid per Clisk) atau Biaya per Klik. Para publisher Google Adsense akan memperoleh penghasilan dari setiap iklan Google Adsense yang Anda pasang pada blog jika diklik oleh para pengunjung. Untuk besaran persentase memang tidak diketahui pasti. Namun setiap ada kegiatan klik iklan tersebut akan terekam otomatis oleh rekening virtual Google Adsense Anda.

Rekening virtual tersebut akan menjadi satu bukti pembayaran publisher Google Adsense yang mana pendapatan adsense tersebut dapat dicairkan apabila telah mencapai $100 atau lebih. Setelah itu, untuk cara pembayaran publisher Google Adsense bisa Anda pilih 3 cara berikut ini.

1. Transfer via bank secara langsung

Memilih metode pembayaran publisher Google Adsense seperti via bank memang mudah. Sebab penghasilan adsense Anda akan langsung dicairkan ke rekening bank yang Anda gunakan. Minimal penghasilan adsense yang Anda dapat cairkan minimal $100 setiap tanggal 22, 23, 24 tiap bulan.

Pada metode pembayaran publisher Google Adsense melalui transfer langsung ke bank Anda biasanya akan memerlukan kode SWIFT bank bersangkutan. Selain itu, sebagai biaya administrasi transfer ini biasanya akan dikenai potongan biaya $5 hingga $25 menyesuaikan bank masing-masing.

2. Pembayaran melalui check

Metode pembayaran publisher Google Adsense melalui cek ini terbilang rumit dan butuh waktu lama. Cara ini tidak disarankan untuk Anda pilih dalam proses pencairan penghasilan adsense Anda. Sama dengan metode pembayaran adsense lain, pencairan dapat dilakukan setelah mencapa $100 maka pihak Google Adsense mengirimi Anda cek melalui kantor pos.

3. Pembayaran melalui Western Union (WU)

Pembayaran publisher Google Adsense ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Sebab pada sistem ini Anda tidak akan terkena potongan biaya apapun. Selain itu, cara ini lebih cepat prosesnya dibandingkan metode cek. Bila penghasilan adsense mencapai $100 atau lebih dalam sebulan maka pada tanggal 22, 23, atau 24 Anda akan memperoleh pemberitahuan berupa lampiran bukti pembayaran publisher Google Adsense dari pihak Google pada akun Google Adsense miliki Anda.

Dari bukti pembayaran tersebut, Anda akan dapat menggunakannya untuk mencairkan penghasilan pada WU dengan menunjukkan hasil print bukti tersebut di kantor pos terdekat dari rumah anda, atau lembaga keungan lain yang bekerjasama dengan WU. Pada bukti pembayaran publisher Google Adsense tersebut sudah tertera jumlah dollar serta kode pencairan yang bisa Anda serahkan pada Western Union yang ada di kantor pos. Ingat, selain print bukti pembayaran publisher dari Google Adsense, siapkan juga foto copy KTP. Proses pencairan di WU biasanya hanya membutuhkan waktu lima menit saja.

Dari metode pembayaran publisher Google Adsense yang dijabarkan diatas, semua kembali pada pilihan Anda. Namun cara pencairan melalui western union adalah cara yang paling disarankan untuk Anda, sebab selain gratis prosesnya pun sangat mudah dan cepat. Selain itu, perhatikan pula syarat-syarat yang ditentukan oleh Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan tetap sebagai publisher mereka agar akun Anda tetap berumur panjang lolos dari banned.

==BAGIKAN==
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top