Business

Tips Sebelum Mengajukan Pinjaman Harian

uang pinjaman

Saat ini, bisa kita lihat tingkat kebutuhan masyarakat semakin meningkat. Ditambah dengan krisis ekonomi dan naiknya kebutuhan pokok menjadi salah satu sebab meningkatnya jasa perusahaan yang menawarkan pinjaman harian kepada masyarakat.

Biasanya, pinjaman harian ini juga dikenal dengan pinjaman cepat. Perusahaan bahkan menambah slogannya menjadi pinjaman harian tanpa jaminan untuk menarik msyarakat. Memang, terbukti ada saja orang yang menggunakan jasa perusahaan tersebut untuk mendapatkan dana dalam waktu cepat.

Namun benarkah pinjaman harian merupakan solusi bagi masalah keuangan Anda? Di sini saya ingin sekadar berbagi informasi seputan pinjaman harian, berikut keuntungan dan kerugiannya.

Pertama, perlu kita ketahui apa sih sebenarnya pinjaman harian itu? Seperti namanya, pinjaman harian menawarkan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memperoleh dana cepat dalam waktu singkat.

Biasanya, hal ini dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kesulitan finansial, atau mereka yang mengalami keadaan darurat sehingga harus melakukan pengeluaran darurat pula. Biasanya, dalam situasi darurat ini, bagi mereka yang tidak memiliki simpanan, akan bertindak cepat. Bisa dibilang pinjaman harian merupakan solusi bagi masalah mereka. Si peminjam akan mengajukan permintaan berupa sejumlah uang kepada pihak perusahaan, yang mana pihak perusahaan akan memberikan dana permintaan tersebut dalam waktu cepat.

Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa aspek yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman harian?

1. Pastikan penggunaan pinjaman harian

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan bahwa Anda memang benar-benar membutuhkan dana tersebut karena situasi darurat yang harus segara diatasi, dan bukannya hanya sekadar untuk menutupi kegiatan konsumsi Anda yang membengkak. Anda tentu bisa mengukur kebutuhan mana yang penting dan mana yang tidak penting. Jangan sampai mengajukan pinjaman darurat hanya karena keborosan Anda semata.

2. Kenali Perusahaan

Mengetahui apakah perusahaan tempat Anda akan mengajukan pinjaman itu terpercaya atau tidak sangatlah penting. Banyak orang terjebak di dalam lingkup hutang-piutang ini karena asal memilih perusahaan yang tidak kredibel.

3. Rancang pembatasan pengeluaran

Ketahui berapa besar dana yang akan Anda keluarkan. Dengan melakukan pembatasan pengeluaran, Anda bisa juga merancang waktu pengembalian pinjaman, sehingga tidak melebihi batas yang ditentukan.

Setelah melakukan beberapa perancangan di atas, Anda juga perlu tahu bahwa ada beberapa kerugian saat mengajukan pinjaman harian. Meski bisa diperoleh dengan cepat dan tanpa jaminan, namun pinjaman harisan sangatlah berisiko. Hal itu karena bunga yang diterapkan sangat tinggi. Bahkan beberapa melebihi 100%. Selain itu, Anda juga bisa mengalami ‘kecanduan’.

Karena cepatnya dana yang bisa didapat di tangan, seringkali orang terus-menerus terlena dengan pinjaman harian dan terus melakukannya. Tanpa disadari, jumlah pinjaman Anda akan membengkak ditambah bunga yang tidak masuk akal. Kalau sudah begini, siapa yang harus disalahkan? Maka dari itu, ketahui jumlah pendapatan Anda sebelum melakukan pengeluaran yang berlebihan. Kalau bisa, cobalah sisihkan pendapatan Anda yang bisa digunakan sebagai dana darurat.

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top