Kesehatan

Tips Puasa Untuk Penderita Maag

penyakit maag

Perut kosong dan terlambat makan merupakan pantangan besar untuk para penderita penyakit maag. Padahal saat bulan Ramadhan umat Muslim wajib untuk tidak makan seharian penuh selama sebulan. Para penderita maag mungkin akan bertanya-tanya bagaimana solusinya. Tentu banyak orang pernah mengalami hal ini dan bingung bagaimana harus menjalani puasa dengan kondisi tubuh yang lagi lemah.

Sebaiknya segera periksa ke dokter, nantinya kamu akan tahu ternyata maag itu jenisnya macam-macam, ada sakit maag fungsional, jenis maag ini justru akan membaik saat si penderita berpuasa. Maag fungsional terjadi karena sering makan tidak teratur, banyak minuman bersoda, minum kopi, konsumsi makanan berlemak, dan banyak stress sehingga lambung tidak mengalami kerusakan yang berarti.

Satu hal yang perlu kamu ketahui, bahwa di bulan Ramadhan akan banyak muncul iklan obat maag. Apakah obat-obatan maag yang banyak diiklankan itu baik untuk membantu mengatasi maag? Ternyata menurut dokter, obat-obatan itu tidak efektif untuk mencegah maag karena hanya berperan sebagai penghilang gejala maag dan hanya bekerja hingga 9 jam.

Jadi, sebaiknya kamu bisa konsultasi ke dokter sebelum mulai puasa untuk mendapatkan nasihat terbaik agar maag tidak kambuh saat puasa. Dan sebaiknya memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran karena makanan tersebut mengandung nutrisi penting yang dapat bertahan lama di dalam tubuh.

Saran dari dokter, penderita maag sebaiknya tidak makan makanan yang mengandung banyak gas seperti sawi, kol, pisang ambon, buah nangka, kedondong, minuman bersoda, dan buah kering. Selain itu, sebaiknya juga mulai menghindari makanan yang dapat merangsang pengeluaran asam lambung contohnya susu full cream dan kopi. Makanan yang banyak cabe, merica, dan mengandung cuka juga tidak boleh karena dapat merusak dinding lambung.

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top