News

Siapa di Balik Teman Ahok?

siapa teman ahok

Siapa saja tokoh di balik Teman Ahok? Pertanyaan ini muncul setelah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memastikan akan maju ke Pilkada DKI 2017 melalui jalur perseorangan. Sementara ini Ahok memilih maju lewat jalur independen dengan dukungan relawan ‘Teman Ahok’.

Situs resmi temanahok.com, menyebutkan, relawan Teman Ahok didirikan oleh sekelompok pemuda biasa yang tidak berasal dari public figur, dan tidak memiliki afiliasi dengan kepentingan politik manapun. Relawan Teman Ahok didirikan oleh lima orang, antara lain: Amalia Ayuningtyas (23), Aditya Yogi Prabowo (24), Richard Handris Purwasaputra (23), Singgih Widiyastomo (22), dan Muhammad Fathony (24).

tokoh teman ahok

Dalam situs tersebut di jelaskan, Teman Ahok merupakan perkumpulan relawan yang didirikan sekelompok anak muda yang bertujuan untuk membantu dan menemani Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam mewujudkan Jakarta baru yang lebih bersih, maju dan, manusiawi.

Adapun visi Teman Ahok tercantum dalam situs resminya, yaitu menghimpun seluruh warga DKI yang punya keinginan menjadikan Jakarta lebih baik, tertata, manusiawi, dan bebas dari korupsi di masa depan dengan cara mengusung calon gubernur yang tepat. Sebagai perkumpulan warga DKI yang bisa memberikan penjelasan atas segala program Pemda DKI agar tidak disalahpahami oleh warga karena distorsi berita yang ada di media massa atau sosial media.

Baca Juga: Ahok Hanya Akan Kalah Pilkada DKI Jika ini yang Terjadi?

Sementara Misi Teman Ahok seperti dirilis di situs resmi, untuk menampung warga DKI yang bersedia memberikan dukungan terhadap Ahok untuk maju melalui jalur independen. Mengorganisir seluruh potensi dukungan terhadap Ahok agar tidak tercerai berai, memberikan pemahaman kepada publik agar tidak terpancing isu-isu primordial yang tidak ada kaitan sama sekali dengan kebijakan pembangunan. Mengumpulkan 1 juta KTP untuk Ahok, menjadi garda terdepan untuk meluruskan berita-berita yang tidak benar atau fitnah terhadap Ahok.

Meskipun relawan Teman Ahok hanya terdiri dari sekumpulan pemuda biasa, tetapi dalam situs resmi milik mereka, terdapat testimoni untuk Ahok dari sejumlah tokoh kondang, diantaranya: Syafii Maarif, Bimbim Slank, Dee Lestari, Zaskia Adya Mecca, Iwan Fals, Arie Keriting, dan Arswendo Atmowiloto.

“Saya belum pernah melihat kepala daerah yang begitu gigih melawan korupsi melebihi Ahok,” tulis Arie Kriting.

Dari Mana Sumber Dana Teman Ahok?

Siapa yang mendanai Teman Ahok? Tentu, membangun Komunitas yang ‘kuat’ seperti Teman Ahok membutuhkan dana tak sedikit untuk menjalankan berbagai program dukungan terhadap Ahok.

Kepada wartawan, relawan Teman Ahok, Saifullah Hamdani menjelaskan bahwa dana yang mereka gunakan bersumber dari penjualan berbagai jenis merchandise yang berhubungan dengan Basuki Tjahaja Purnama.

Baca Juga: Ini Bakal Calon Gubernur Pilkada Jakarta Terkuat Penantang Ahok

“Kami tidak menerima donasi uang, kami mendapatkan dana dari penjualan merchandise seperti kaos, gelang atau aksesori lain yang berhubungan dengan Pak Ahok,” beber Saifullah Hamdani di Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Menurut Saifullah, merchandise tersebut dijual di booth-booth Teman Ahok yang tersebar di mall di kawasan Jakarta. Selain itu juga terdapat di posko-posko yang jumlahnya lebih dari 100.

“Jumlah dana yang dihasilkan sangat luar biasa. Kami juga menampilkannya di website agar transparan,” ujar Saifullah seperti dikutip Rimanews.

Saat berita ini ditayangkan, Sabtu 12 Maret 2016, situs Teman Ahok merilis jumlah KTP yang telah terkumpul sebanyak 784.977 KTP. Jumlah tersebut telah melampaui batas minimal persyaratan calon perseorangan yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta, yakni 7,5 persen dari jumlah pemilih atau setara dengan 532.210 orang.

Pencapaian jumlah perolehan KTP yang digalang Teman Ahok rupanya tak lepas dari peran Direktur Cyrus Network Hasan Nasbi, senior Singgih di Jakarta Baru.

Widyastomo yang merupakan Juru bicara Singgih  Teman Ahok, mengatakan dukungan warga Ibu Kota tak surut kendati banyak kandidat yang mendeklarasikan diri menantang Ahok, sapaan populer Basuki, pada pilkada DKI 2017. “Perolehan KTP saat ini per harinya sekitar 200–500, dan itu menunjukkan tren positif,” ujarnya seperti dikutip Tempo beberapa waktu lalu.

==BAGIKAN==
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top