alterntif text
Ragam

Sejarah Asal Mula Boneka Barbie

boneka barbie

Siapa Pencipta Boneka Barbie – Semua orang mengetahui mainan yang satu ini, ya boneka Barbie. Walaupun tidak pernah memainkannya, akan tetapi orang-prang pasti tahu boneka yang satu ini. Barbie adalah sebuah mainnan yang diproduksi di Amerika oleh perusahaan yang bernama Mattel Inc. boneka ini adalah sebuah hasil kreasi dari pemilik Mattel Inc yang bernama Ruth Handler.

Barbie pertama kali dirilis pada tahun 1959. Sejak saat itu, Barbie manjadi sebuah boneka yang sangat fenomenal, bahkan penjualannya tidak pernah kurang dari 1 juta unit setiap bulannya. Hal itu terjadi sejak Barbie baru dirilis sampai hari ini. Tahukah kamu apa yang membuat boneka Barbie sangat fenomenal dan bisa menghipnotis hampir semua anak perempuan di dunia untuk memilikinya?

Awal mula terciptanya boneka Barbie bermula ketika Ruth Handler melihat anaknya yang sedang bermain kemudian merasa sangat prihatin. Karena pada saat itu sang anak memainkan sebuah boneka yang dia buat sendiri dari kertas. Anak dari Ruth Handler memperlakukan boneka kertas buatannya itu seperti seseorang yang sudah dewasa.

Pada masa itu, kira-kira sekitar tahun 1950an, di Amerika boneka mainan yang ada hanyalah boneka bayi. Ketika melihat sang anak berinteraksi dengan boneka kertas buatannya, Ruth Handler langsung memiliki ide untuk membuat sebuah mainan yang diperuntukkan untuk anak-anak yang usianya diatas lima tahun. Sayangnya sang suami, Elliot Handler tidak terlalu antusias mendengar ide yang dikeluarkan oleh istrinya.

Akan tetapi, ide yang dimiliki oleh Ruth Handler berubah menjadi sebuah obsesi ketika Ruth Handler dan keluarganya sedang berlibur ke Jerman pada tahun 1956. Ketika berkunjung ke sebuah toko mainan yang ada disana. mereka menemukan sebuah boneka yang diberi nama Bild Lilli. Boneka itu ternyata dibuat berdasarkan sebuah tokoh kartun yang cukup terkenal di Jerman.

Karena animo anak-anak di Jerman yang sangat besar terhadap boneka tersebut, akhirnya Ruth Handler semakin ingin membuat boneka seperti itu dan akan diproduksi di Negara mereka yaitu Amerika Serikat. Bersama dengan para designer di perusahaan mereka, mereka akhirnya memodifikasi boneka Bild Lilli menjadi lebih cantik dan mereka beri nama Barbie.

Boneka Barbie pertama kali ditampilkan pada tanggal 9 Maret 1959 di American International Toy Fair yang diselenggarakan di New York. Secara langsung tangal tersebut dinobatkan sebagai hari ulang tahun Barbie. Pada tahun 1964 Mattel membeli hak cipta boneka Bild Lilli dan sejak saat itu produksi boneka tersebut dihentikan dan digantikan oleh Barbie.

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top