Kuliner

Resep Kue Cucur Gula Merah yang Sederhana

Kue Cucur Gula Merah

Resep Makanan Nusantara –  Disekitar kita sebenarnya masih banyak berbagai macam kue-kue tradisional. Saya adalah salah satu pecinta kue-kue tradisional tersebut termasuk kue cucur. Hampir semua kue tradisional indonesia menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya, salah satunya yaitu kue cucur. Kue basah yang berbentuk unik ini memiliki tekstur dan rasa yang unik juga.

Walaupun keberadaannya dipasaran semakin punah tapi saya tetap menyukai kue tradisional Indonesia unik yang rasanya juga sangat enak. Karna penasaran dengan cara membuatnya saya iseng–iseng membuatnya, saya memilih kue cucur guma merah karna sudah tanpa tambahan warna lagi, warna coklatnya karna tambahan gula merah di dalamnya. Berikut ini adalah bahan–bahan dan cara membuat cucur gula merah.

• Bahan larutan gula

550 ml air
225 gram gula merah, sisir halus
150 gram gula pasir
1 lembar daun pandan iris–iris

• Bahan–Bahan Kue Cucur Gula Merah

350 gram tepung beras yang sudah disangrai
5 sendokmakan tepung terigu
½ sendok teh garam
Minyak goreng secukupnya

• Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah

1. Rebus semua bahan larutan gula menjadi satu (air, garam, gula merah, gula pasir dan pandan) aduk–aduk hingga mendidih, laku angkat kemudian saring dan dinginkan.
2. Campurkan tepung beras, tepung terigu dan garam aduk rata lalu tambahkan sebagian larutan gula aduk kembali hingga benar–benar rata.
3. Tuangkan kembali sisa larutan gula pukul–pukul adonan selama 30 menit sampai adonan terasa ringan.
4. Panaskan wajan besi atau bisa menguunakan cetakan cucur hingga setengah tinggi badan wajan tunggu hingga panas.
5. tuang satu sendok adonan sampai pinggiran mengering lalu tusuk–tusuk bagian tengah dengan lidi agar adonan mengalir ketepi dan berbentuk pecahan tunggu hingga matang seluruhnya.

Begitulah cara membuatnya, cukup mudah bukan? untuk menambah daya tarik anak-anak bisa di berikan berbagai warna hijau dari daun pandan, orens dari wortel dan merah dari air tomat atau juga bisa warna alami lainnya hanya tinggal menambahkan warna pada adonan tepungnya. Ayo kita lestarikan jajanan tradisional untuk warisan anak cucu kita selain itu enak dan sehat juga kan.

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top