Kuliner

Jenis Bumbu Rempah Untuk Kesahatan

bumbu rempah

Siapa yang tidak bangga menjadi orang Indonesia. Saya sendiri termasuk orang yang sangat bangga dengan negeri yang penuh dengan kekayaan alamnya seperti rempah-rempah. Karena jarang ditemukan di negara-negara lain, banyak orang dari negara lain seperti negara-negara Eropa yang menjelajah ke negara-negara Asia khususya Indonesia hanya untuk mendapatkan rempah-rempah. Di Indonesia sendiri rempah-rempah biasa digunakan sebagai bumbu masak.

Bila dikonsumsi secukupnya, bumbu rempah ini akan membawakan sejumlah manfaat atau kebaikan untuk kesehatan, namun bila dikonsumsi secara berlebihan, bumbu rempah dapat berpotensi menimbulkan gangguan pencernaan atau bahkan usus buntu. Berikut ini adalah sejumlah manfaat rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masak yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh.

Kayu manis

Kayu manis adalah salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai penambah aroma pada jenis kuliner khas Indonesia. Rasanya yang khas dan aromanya yang segar sudah pasti akan menambah kuliner tertentu menjadi lebih ‘tasty’. Menurut sejumlah penelitian yang saya baca di internet, kayu manis ternyata sangat manjur untuk mengurangi resiko gejala penyakit diabetes. Tak hanya gejala diabetes saja, kayu manis juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan, diare, gejala flu, rasa tegang pada saat haid, dan memperlancar sirkulasi darah yang buruk.

Cengkeh

Cengkeh memiliki zat tertentu yang berperan sebagai zat anti radang dan anti bakteri khusus untuk segala jenis gangguan pada gigi. Zat ini kemudian sering dimanfaatkan sebagai bagian dari pasta gigi natural. Cengkeh juga sangat baik untuk menyadarkan orang yang mabuk karena alkohol. Manfaat lainnya dari cengkeh adalah dapat dimanfaatkan untuk mengurangi masalah gangguan pencernaan dan rasa mual serta muntah.

Jinten dan kunyit

Jinten dan kunyit adalah dua jenis rempah lainnya yang tak kalah ‘sakti’ dengan kayu manis dan cengkeh dalam hal membantu meningkatkan kesehatan. Jinten sangat berkhasiat untuk mengurangi gejala flu, gangguan pencernaan, dan gejala anemia. Sedangkan kunyit sangat efektif untuk mencegah gangguan kesehatan seperti rabun. Kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk meningkatkan daya ingat dan sangat baik untuk mengatasi depresi. Dan yang paling luar biasa dari bumbu yang berbentuk Rhyzoma ini adalah khasiatnya yang sangat baik untuk mencegah dan mengobati penyakit kanker.

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top