Kesehatan

Buah-Buahan Sehat untuk Berbuka Puasa

buah buka puasa

Pola makan yang sehat saat sahur dan berbuka puasa harus menjadi prioritas utama demi menjaga kebugaran tubuh agar menjalani ibadah puasa tetap lancar. Saat berbuka puasa Anda harus memikirkan kapasitas dan nutrisi dari asupan yang dikonsumsi. Salah satunya dengan cara banyak mengkomsumsi buah.

Membatalkan puasa dengan minuman atau sepotong buah sering dianjurkan sebelum kita melanjutkan ke menu utama yang berat seperti nasi dan lauk pauk. Harapannya, saat sholat Maghrib, perut kita tidah sesak hingga nyaman serta fokus saat beribadah. Biasanya, secara teori hal ini mudah diterima tapi secara aplikasi kita sering tidak sabar ingin melahap semua makanan.

Berikut ini adalah beberapa jenis buah yang sehat dan direkomendasikan untuk dijadikan makanan pembatal puasa. Buah-buahan ini didominasi dengan gula dan air yang banyak sehingga menimbulkan rasa kenyang, nyaman dan menyehatkan.

1. Semangka

Buah yang satu ini memang menggoda. Warnanya yang merah dan teksturnya yang kesat berair benar-benar bisa menyembuhkan rasa haus yang melanda seharian. Memang benar, berbuka dengan semangka akan menyehatkan dan efektif menghilangkan dahaga. Kandungan alami gula dalam buah yang disebut fruktosa ini, selain menyehatkan juga akan menghasilkan energi bagi tubuh yang sudah loyo. Semangka juga kaya akan air yang bisa menggantikan air dalam tubuh yang sudah menipis.

2. Kolak

Siapa sih yang tak kenal dengan minuman khas Ramadhan ini? Kolak yang biasanya berisi pisang, labu, dan ubi jalar ini memang enak disantap pas buka puasa. Selain menyehatkan, ketiga zat ini juga dipercaya baik untuk mencegah kanker dan sebagai sumber antioksidan tinggi untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

3. Kurma

Manisnya kurma bisa langsung diserap tubuh dan menggantikan kadar gula yang turun selama berpuasa.

4. Apel

Selain manis dan menyegarkan, apel juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Nah, pilih buah apa untuk berbuka hari ini?

==BAGIKAN==
SPONSORED STORIES
loading...
Loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top