Khazanah

Bolehkah Menggosok Gigi Saat Puasa?

gosok gigi

Bau mulut tidak sedap sering menjadi permasalahan ketikan menjalankan ibadah puasa ramadhan dikarenakan mulut kering. Akhirnya terkadang ada yang sekali menggosok gigi atau berkumur dengan cairan penyegar mulut.

Karena dalam pekerjaan menuntut nafas yang segar ketika bertemu dengan klien atau konsumen. Memang sebuah hadist yang sahih menjelaskan kalau bau mulut orang yang puasa lebih harum di sisi Allah, dibandingkan dengan aroma minyak misik.

Pertanyaan yang sering muncul di benak orang yang tengah menjalankan ibadah puasa adalah apakah boleh gosok gigi saat puasa? Apakah menyikat gigi membatalkan puasa? Ternya hal itu boleh dilakukan dengan syarat tertentu.

Para ulama, seperti Imam Hanafi, Maliki dan Syafi’i menjelaskan kalau hukum bersiwak dan menggosok gigi saat berpuasa adalah makruh. Apabila hal tersebut dilakukan setelah tiba waktu sholat dhuhur sampai waktu sholat maghrib. Walaupun kedua kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga kebersihan mulut. Selanjutnya diterangkan bahwa melakukannya saat pagi sebelum tiba waktu dhuhur hukumnya dalah sunnah.


Hukum tersebut diterapkan dengan alasan pada umumnya bau mulut yang tidak sedap orang yang berpuasa, akan lebih terasa setelah waktu dhuhur. Sehingga makruh hukumnya bila dihilangkan dengan cara menggosok gigi maupun bersiwak. Dikarenakan aroma tidak enak tersebut memiliki keutamaan di sisi Allah SWT, sesuai dengan yang diterangkan oleh hadist di atas.

Jadi kebiasaan membersihkan mulut harus sesuai dengan waktu yang dibolehkan. Karena bila melanggar yang telah dilarang hanya kan membatalkan pahala puasa. Justru akan mendapatkan pahala bila meninggalkannya, apabila hukumnya makruh. Tentunya gak mau kan menjalankan puasa tapi hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja.

Saat menggosok gigi disarankan jangan memakai pasta gigi, karena memiliki rasa. Sehingga hukumnya menjadi makruh, karena ada sesuatu yang memiliki rasa masuk ke dalam mulut. Begitu juga dalam berkumur menggunakan penyegar mulut harus dilakukan dengan baik, jangan sampai cairan tersebut tertelan sehingga membatalkan puasa. Bersiwak lebih dianjurkan, karena lebih aman dan mencegah hal atau kejadian yang membatalkan puasa.

Selain itu, alasan kesehatan juga membuktikan kalau terlalu sering berkumur dengan penyegar mulut atau menggosok gigi dengan pasta gigi akan membunuh bakteri baik dalam mulut. Sehingga malah akan memperburuk kesehatan mulut dan gigi.

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top